Minggu, 31 Oktober 2010

Gunadarma center liblary

http://library.gunadarma.ac.id/

Situs ini ditujukan untuk anggota Perpustakaan Universitas Gunadarma secara khusus dan masyarakat pada umumnya. Layanan-layanan jarak jauh disediakan pada situs ini untuk memberikan kemudahan bagi pengguna jasa Perpustakaan Universitas Gunadarma untuk meningkatkan pengetahuannya.
Perpustakaan UG merupakan unit yang berfungsi memberikan pelayanan informasi kepada mahasiswa, dosen dalam melaksanakan tugas-tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Perpustakaan UG dilengkapi dengan beragam bahan pustaka yang terdiri dari buku literatur baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, majalah, jurnal ilmiah serta buku ilmu pengetahuan lainnya. Fasilitas Perpustakaan Universitas Gunadarma digunakan oleh mahasiswa, dosen, karyawan dan alumni Universitas Gunadarma.
Perpustakaan UG untuk program profesional dan sarjana terletak beberapa lokasi kampus yaitu dikampus D - depok , kampus E - kelapa dua,kampus J - Kalimalang, Akademi Kebidananserta perpustakaan program pasca sarjana terletak di kampus C - kenari . Sedangkan perpustakaan audio visual dan Jurnal Elektronik terdapat di kampus depok. Dan semua cabang perpustakaan universitas gunadarma menggunakan sistem informasi perpustakaan yang terintegrasi satu sama lain.

Profil Perpustakaan Universitas Gunadarma

Sebagai tempat menimba ilmu pengetahuan. Universitas Gunadarma menyediakan Perpustakaan yang dilengkapi dengan beragam bahan pustaka yang terdiri dari buku literatur baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris, majalah, jurnal ilmiah serta buku ilmu pengetahuan lainnya. Fasilitas Perpustakaan Universitas Gunadarma telah digunakan oleh mahasiswa, dosen, karyawan dan alumni Universitas Gunadarma.
Sesuai dengan kemajuan teknologi komunikasi telah dikembangkan perpustakaan audio visual di Universitas Gunadarma. Perpustakaan ini dilengkapi dengan peralatan video dan TV , juga perangkat komputer untuk keperluan belajar mandiri.Koleksi perpustakaan bersifat satu arah dan dua arah (multi media interaktif) Apabila seorang mahasiswa kesulitan dalam salah satu mata kuliah, mahasiswa dapat mengunjungi perpustakaan audio visual kemudian mencari koleksi yang diinginkan, kemudiana belajar secara mandiri. Dengan perpustakaan audio visual diharapkan keterbatasan ruang dan waktu dapat dihilangkan. seorang mahasiswa sastra Inggris, dapat mempelajari bagaimana kebudayaan inggris dan karya sastra klasik inggris melalui video, atau melalui audio. Untuk memenuhi koleksi video dan multi media interaktif, perpustakaan audio visual dilengkapi dengan studio produksi. distudio ini diproduksi video dan multi media interaktif. Direncanakan akan di produksi video/vcd dan multimedia interaktif untuk semua mata kuliah yang diberikan di universitas gunadarma. Para mahasiswa, dosen dan karyawan serta pihak lain yang berkepentingan dapat memanfaatkan fasilitas tersebut guna mendukung pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.


Tujuan


Menunjang Tridarma Perguruan Tinggi dengan fungsinya sebagai sumber informasi bagi pelaksanaan proses belajar dan mengajar, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.


Sejarah
1987
Berdiri Perpustakaan STKG di kampus Depok
1992
Berdiri Perpustakaan STIE di kampus Kelapa Dua
1996
Bertambah 4 buah Perpustakaan fakultas yaitu: Perpustakaan fakultas Teknik Perencanaan, Teknik Industri, Psikologi dan Sastra
2000
Secara keseluruhan disebut sebagai Perpustakaan Universitas
Lokasi Operasional

Kampus D
Jalan Margonda Raya No. 100 Depok Telepon : 78881112 - ext. 301
Gedung III Lt. 1 Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Teknologi Industri, dan Fakultas Teknik Perencanaan dan Sipil
Kampus E
Jalan Akses UI Kelapa Dua Telepon : 8727541 - ext. 501
Gedung V Lt. 1 Perpustakaan Fakultas Ekonomi, Fakultas Psikologi dan Fakultas Sastra dan Bahasa Perpustakaan Audio Visual
Kampus J
Jl. KH. Noer Ali, Kalimalang, Bekasi Telepon : 021-88860117 ext 117
Lt. 3 Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Perencanaan dan Sipil,Fakultas Ekonomi, Fakultas Psikologi dan Fakultas Sastra




Layanan Perpustakaan

Layanan yang disediakan oleh Perpustakaan Universitas Gunadarma adalah :
1. Keanggotaan
Perpustakaan menyediakan layanan keanggotaan yang ditujukan untuk mahasiswa dan staf/dosen di lingkungan Universitas Gunadarma. Dengan menjadi anggota, mahasiswa/staf/dosen dapat melakukan peminjaman koleksi bahan pustaka yang dimiliki oleh Perpustakaan Universitas Gunadarma.
2. Peminjaman bahan pustaka bagi anggota
Peminjaman bahan pustaka hanya ditujukan untuk anggota. Bahan pustaka yang dapat dipinjam adalah buku teks untuk mahasiswa dan dosen/staf, serta buku diktat kuliah untuk dosen/staf.
3. Administrasi
Layanan ini meliputi pembuatan Surat Bebas Perpustakaan dan Surat Keterangan Sumbangan.
4. Kunjungan Ruang Referensi
Bagi mahasiswa yang sedang melaksanakan penulisan ilmiah atau skripsi dapat mengunjungi ruang referensi. di ruang ini, tersedia jurnal, majalah, penulisan ilmiah, skripsi dan akses internet.
Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai prosedur masing-masing layanan, dapat dilihat disini.

Waktu Pelayanan Peminjaman
Senin - Jum'at
09.00 - 14.00 WIB (Istirahat : 12.00 - 13.00 WIB)
Sabtu
09.00 - 12.00 WIB
Kunjungan Referensi, Pengembalian dan Administrasi
Senin - Jum'at
09.00 - 15.00 WIB (Istirahat 12.00 - 13.00 WIB)
Sabtu
09.00 - 12.00 WIB


Koleksi Perpustakaan

Koleksi Dapat dicari via WebPAC
Buku
- FTSP 1882 judul 5580 eksemplar
- FILKOM 10021 judul 26052 eksemplar
- FTI 3223 judul 8992 eksemplar
- AKBID 453 judul 1108 eksemplar
- PAKET 333 judul 3181 eksemplar
- FEUG 16434 judul 41273 eksemplar
- FPSI 3591 judul 5868 eksemplar
- FSB 5098 judul 7598 eksemplar
- TT 2 judul 2 eksemplar
- PSUG 5516 judul 8162 eksemplar
Terbitan Berseri 224 terbitan 749 edisi
Penulisan Ilmiah/Skripsi
Audio/Visual

Peraturan Perpustakaan

Peraturan perpustakaan adalah peraturan yang ditujukan kepada pemakai sebagai pedoman dalam menggunakan fasilitas perpustakaan.
Tata tertib pelayanan Perpustakaan Universitas Gunadarma adalah sebagai berikut :
1. Pelayanan perpustakaan dibuka setiap hari kerja, yaitu sebagai berikut :
a. Hari Senin s.d. Jumat = pukul 09.00 s.d. 15.00 WIB
b. Hari Sabtu = pukul 09.00 s.d. 12.00 WIB
c. Istirahat (Senin s.d. Kamis) = pukul 11.30 s.d. 13.00 WIB
d. Istirahat (Jumat) = pukul 11.30 s.d. 13.30 WIB
Hal tersebut berlaku sepanjang semester / tahun akademik yang sedang berjalan, kecuali ada ketetapan lain melalui pengumuman tertulis.
2. Yang berhak mendapatkan pelayanan peminjaman dan pengembalian buku hanyalah anggota yang aktif.
3. Semua pengunjung diperkenankan masuk dengan tidak membawa tas, jaket, helm, dan atau sejenisnya. Semua barang tersebut harus dititipkan / dilletakkan pada loker yang telah disediakan.
4. Kunci loker dikembalikan setelah selesai berkunjung di perpustakaan.
5. Menghilangkan kunci loker akan dikenakan sangsi.
6. Pengunjung perpustakaan harus mengisi buku tamu yang telah disediakan.
7. Ketentuan peminjaman dan pengembalian buku untuk mahasiswa, sebagai berikut :
a. Waktu pelayanan peminjaman buku dimulai dari pukul 09.00 s.d. 15.00 WIB setiap hari Senin s.d. Jumat. Sabtu sampai pukul 12.00
b. Batas peminjaman buku maksimal sebanyak 2 (dua) buah untuk perpustakaan Kampus D sedangkan untuk perpustakaan Kampus E peminjaman buku hanya 1 (satu) buah.
c. Bagi mahasiswa yang sudah meminjam dalam jumlah maksimal maka baginya tidak diberikan pelayanan permintaan atau peminjaman buku.
d. Peminjaman buku diberikan waktu selama 14 hari (2 minggu) setiap bukunya.
e. Peminjaman, perpanjangan, dan pengembalian buku harus disertai dengan identitas keanggotaan.
f. Keterlambatan pengembalian buku dikenakan denda 1 hari sebesar Rp. 100,00 setiap bukunya.
8. Ketentuan peminjaman dan pengembalian buku bagi dosen, sebagai berikut :
a. Batas peminjaman buku maksimal sebanyak 5 (lima) buah.
b. Peminjaman buku diberikan waktu selama 6 (enam) bulan setiap bukunya.
c. Keterlambatan pengembalian buku dikenakan denda 1 hari sebesar Rp. 200 setiap bukunya. (berlaku mulai 1 Agustus 2001)
9. Pengunjung perpustakaan hendaknya menjaga ketertiban, kebersihan, dan ketenangan ruang baca serta dilarang makan, minum, merokok, dan tidur.
10. Tidak diperkenankan membawa laptop, kamera, ke dalam ruang referensi
11. Koleksi referensi tidak dapat dipinjam dan difotocopy.

Petunjuk Perpustakaan

Petunjuk pengguna merupakan pelengkap dari Peraturan yang dikeluarkan oleh Perpustakaan Universitas Gunadarma. Kami berusaha semaksimal mungkin menyediakan informasi-informasi seputar layanan Perpustakaan yang selama ini menjadi pertanyaan pengguna perpustakaan.
Petunjuk pengguna ini dibagi berdasarkan layanan yang kami sediakan, yaitu :


Keanggotaan
1. Keanggotaan Mahasiswa
• Masa berlaku keanggotaan mahasiswa adalah satu semester, pendaftaran dan perpanjangan diadakan pada setiap awal semester selama 2 bulan.
• Proses pendaftaran dan perpanjangan keanggotaan sama: Anda harus menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan fotokopi bukti pembayaran uang kuliah pada semester berjalan. Dibalik fotokopi blanko, tuliskan biodata anda yang terdiri dari Nama, Fakultas, Kelas, Alamat, RT, RW, Kota, Kode pos, Telepon.
2. Prosedur Keanggotaan Staf/Dosen
• Bagi dosen atau staff yang ingin menjadi anggota cukup menunjukkan identitas dirinya sebagai dosen Universitas Gunadarma berupa Surat Keterangan Jadwal Mengajar atau identitas lainnya. Selanjutnya mengisi biodata di buku pendaftaran keanggotaan.
• Masa berlaku keanggotaan dosen adalah selama yang bersangkutan terdaftar sebagai staf/dosen di lingkungan universitas Gunadarma.


Peminjaman/Pengembalian Buku

Yang berhak meminjam buku adalah anggota perpustakaan yang aktif. Perpustakaan menerapkan sistem pelayanan tertutup, dimana apabila pengunjung ingin membaca/meminjam suatu buku, yang bersangkutan harus memintanya terlebih dahulu kepada petugas, bukan mengambil langsung dari rak buku.
Peminjaman Buku
1. Cari nomor panggil (call number) buku yang ingin dibaca melalui katalog buku atau komputer pencarian (searching). Untuk pencarian dengan menggunakan komputer, pencarian dapat dilakukan berdasarkan judul, pengarang dan subjek.
2. Lihat detail dari katalog-katalog hasil pencarian di komputer, apabila sesuai dengan buku yang ingin dibaca catat nomor panggilnya.
3. Serahkan catatan nomor panggil tersebut kepada petugas bersamaan dengan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), jumlah maksimal buku yang dibaca adalah 2 (dua) buah. Petugas akan mengambilkannya untuk anda.
4. Setelah buku diterima, anda belum dapat membawanya pulang. Anda harus menyerahkan buku tersebut untuk dicatat sebagai transaksi peminjaman anda. Jika selesai, anda dapat membawa pulang buku tersebut.
5. Lama peminjaman untuk mahasiswa adalah 2 (dua) minggu dan dapat diperpanjang sebanyak 1 (satu) kali sehingga total peminjaman plus perpanjangan peminjaman adalah 4 (empat) minggu.
Lama peminjaman untuk dosen adalah 6 (enam) bulan.
6. Lihat batas peminjaman pada bagian belakang buku.
7. Keterlambatan pengembalian buku akan dikenakan denda sebesar Rp 100,- per hari keterlambatan untuk mahasiswa dan Rp 200,- untuk dosen.
8. Jumlah maksimal peminjaman dibawa pulang adalah 2 (dua) eksemplar untuk mahasiswa dan 5 (lima) eksemplar untuk dosen.

Perpanjangan Peminjaman
9. Serahkan buku yang ingin diperpanjang bersama dengan KTM anda, sampaikan kalau anda ingin memperpanjang peminjaman buku tersebut. Petugas akan melihat data transaksi peminjaman buku tersebut.
10. Apabila anda telah memperpanjang peminjaman buku tersebut maka anda tidak dapat memperpanjang kembali peminjaman buku tersebut dan transaksi dianggap sebagai pengembalian.
11. Apabila masa peminjaman telah melewati batas lama peminjaman, maka anda akan dikenakan denda peminjaman. Serahkan uang denda sebesar yang disebutkan petugas.
12. Apabila proses pencatatan transaksi telah selesai, petugas akan menyerahkan buku bersama KTM anda.
Pengembalian Buku
13. Serahkan buku yang ingin dikembalikan bersama dengan KTM anda, sampaikan kalau anda ingin mengembalikan buku.
14. Petugas akan melihat data transaksi peminjaman buku tersebut dan menghitung denda keterlambatannya.
15. Apabila masa peminjaman telah melewati batas lama peminjaman, maka anda akan dikenakan denda peminjaman. Serahkan uang denda sebesar yang disebutkan petugas.
16. Petugas akan mengembalikan KTM anda.

Administrasi

Proses administrasi dilakukan oleh mahasiswa yang akan dan telah melakukan sidang. Kegiatan ini terdiri dari 2 jenis: bebas perpustakaan dan sumbangan.
Bebas perpustakaan adalah surat yang menyatakan bahwa mahasiswa yang bersangkutan tidak mempunyai peminjaman lagi di Perpustakaan universitas Gunadarma. Maka, mahasiswa yang telah membuat surat bebas perpustakaan telah dianggap keluar dari keanggotaan Perpustakaan universitas Gunadarma dan tidak dapat melakukan peminjaman buku serta pendaftaran keanggotaan. Surat ini dibuat sebagai persyaratan pendaftaran sidang kelulusan (Penulisan Ilmiah bagi D3 atau Skripsi/Non-skripsi bagi S1).
Sumbangan dilakukan oleh mahasiswa yang telah melakukan sidang, baik sidang Penulisan Ilmiah (S1 atau D3) maupun Skripsi atau Non-Skripsi. Proses ini akan menghasilkan surat keterangan sumbangan yang digunakan untuk mengambil sertifikat atau Surat Tanda Lulus Sementara (STLS).
Bebas perpustakaan
17. Bagi mahasiswa D3 tunjukkan surat acc dosen pembimbing dan bagi mahasiswa S1 tunjukkan Kartu Rencana Studi.
18. Petugas akan memeriksa data transaksi, apabila masih ada peminjaman maka pembuatan surat akan ditolak.
19. Apabila tidak ada peminjaman maka pembuatan surat bebas perpustakaan dapat dilakukan dan anda akan menerima surat tersebut sesegera mungkin.
Sumbangan Buku-Penulisan/Skripsi
20. Serahkan penulisan/skripsi yang akan disumbangkan dalam jilid hard-cover dan telah ditandatangani oleh dosen pembimbing, dosen penguji dan koordinator bagian Penulisan Ilmiah/Sidang. Bagi mahasiswa S1 yang sidang Non-Skripsi tunjukkan surat jadwal sidang.
21. Bersama penulisan/skripsi serahkan juga soft-copy penulisan/skripsi dengan format Microsoft Word (.doc) yang file-filenya terdiri dari: Bab (setiap bab merupakan file tersendiri), lampiran, daftar isi, daftar pustaka, abstraksi. Masing-masing merupakan file yang terpisah. Soft-copy ini dapat disimpan dalam media disket 3,5 inci atau CD-ROM.
22. Petugas yang menerima penulisan/skripsi dengan softcopynya akan memeriksa kelengkapan dan kondisi softcopy.
23. Softcopy tidak akan diterima apabila tidak memenuhi kelengkapan sebagaimana disebutkan diatas atau medianya (disket atau CD-ROM) tidak dapat dibaca oleh komputer Perpustakaan atau terinfeksi virus yang tidak dapat dibersihkan oleh sistem anti-virus yang dimiliki oleh Perpustakaan.
24. Apabila penulisan/skripsi dan softcopy telah lengkap (tidak bermasalah) maka petugas akan menyerahkan kembali penulisan/skripsi dan softcopy-nya bersama dengan daftar/blanko sumbangan.
25. Daftar/Blanko sumbangan adalah daftar buku yang akan diserahkan atau blanko yang dibayarkan di Bank DKI oleh mahasiswa yang bersangkutan sebagai sumbangan wajib untuk perpustakaan.
26. Blanko sumbangan memiliki nominal : Rp 25.000,- untuk sumbangan dari mahasiswa S1 yang telah menyelesaikan Penulisan Ilmiahnya (Setara Sarjana Muda); Rp 40.000,- untuk sumbangan dari mahasiswa D3 yang telah menyelesaikan Penulisan Ilmiahnya; dan Rp 50.000,- untuk sumbangan dari mahasiswa S1 yang telah menyelesaikan sidang sarjananya.
27. Daftar buku sumbangan terdiri dari beberapa item judul yang dapat dipilih oleh mahasiswa sebagai sumbangannya kepada Perpustakaan Universitas Gunadarma.
28. Mahasiswa menyerahkan kembali penulisan/skripsinya bersamaan dengan sumbangannya, yaitu buku yang sesuai dengan daftar buku sumbangan (disertakan pula daftar buku sumbangan yang diberikan sebelumnya) atau pertinggal blanko yang telah dibayarkan di Bank DKI.
29. Petugas akan memproses sumbangan tersebut dan sebagai hasil akhirnya adalah surat keterangan sumbangan.

Kunjungan Referensi

Kunjungan referensi merupakan kunjungan mahasiswa ke ruang referensi dalam rangka mencari bahan untuk penulisannya. Kegiatan ini dilakukan ketika mahasiswa mendapat tugas membuat Penulisan Ilmiah atau Skripsi.
Fasilitas yang disediakan di ruang referensi adalah: koleksi penulisan/skripsi mahasiswa Universitas Gunadarma, koleksi majalah/jurnal dari berbagai instansi didalam maupun diluar Universitas Gunadarma, 5 unit komputer yang terhubung ke internet dan koleksi referensi lainnya.
Karena keterbatasan ruangan, maka kunjungan mahasiswa akan dibatasi sebanyak 8 kunjungan per semester dengan masing-masing kunjungan dibatasi waktunya selama 1 jam.
30. Mahasiswa datang ke ruang referensi berdasarkan jadwal shift yang tersedia, dengan menyerahkan Kartu Rencana Studi semester berjalan miliknya yang didalamnya terdapat keterangan bahwa yang bersangkutan sedang mengerjakan Penulisan Ilmiah/Skripsi.
31. Petugas akan menahan KRS tersebut dan menyerahkan kunci locker, mahasiswa tidak diperkenankan membawa tas selama didalam ruang referensi dan tas harus dimasukkan kedalam locker.
32. Apabila waktu shift telah selesai atau mahasiwa ingin keluar sebelum shift selesai, mahasiswa harus menyerahkan kunci locker setelah mengambil tas/barang-barang miliknya dari locker tersebut dan petugas akan mengembalikan KRS miliknya.
33. Pada masa-masa puncak kunjungan, mahasisa terkadang harus antri untuk dapat masuk kedalam ruang referensi. Maka disarankan untuk memesan terlebih dahulu paling lambat 1 jam sebelum shift kunjungan yang ingin digunakan.

Standar Operasional Prosedur

Berikut ini adalah SOP Perpustakaan Universitas Gunadarma , untuk mengetahui lebih lanjut klik link dari masing-masing SOP yang telah ada.


A. Layanan Pengguna
34. SOP Layanan Pembaca.
35. SOP Peminjaman Mahasiswa .
36. SOP Pengembalian Mahasiswa.
37. SOP Peminjaman Dosen.
38. SOP Pengembalian Dosen.
39. SOP Booking Buku.
40. SOP Perpanjangan Buku.
B. Pengolahan Bahan Pustaka
41. SOP Pengadaan Buku.
42. SOP Pengatalogan Buku.
43. SOP Pengatalogan Jurnal.
44. SOP pengatalogan PI dan Skripsi.
45. SOP Pengolahan Digital Collection.
46. SOP Truobleshooting PC.
47. SOP Pemesanan AVI.
48. SOP Pemeliharaan AVI.
49. SOP Pembuatan Video Instruksional.
50. SOP Pembuatan Video Dokumentasi.
51. SOP Pembuatan Foto Dokumentasi.
52. SOP Pembuatan CAI.
53. SOP Pembelian AVI.
C. Layanan Administrasi Perpustakaan
54. SOP Bebas perpustakaan.
55. SOP Dokumentasi Denda.
56. SOP Sumbang Penulisan Ilmiah.
57. SOP Surat Teguran.
SOP Pengurusan HAKI
58. SOP Pengurursan HAKI.
Menu- Menu yang ada di Gunadarma Central Library

Penelusuran Katalog:
untuk mencari buku- buku yang di butuhkan melalui internet.
Penelusuran Penulisan:
untuk mencari koleksi penulisan ilmiah atau skripsi sesuai dengan tema yang kita butuhkan.
Data Peminjaman Buku:
untuk mengetahui sisa buku yang kita pinjam. setelah kita memasukkan NPM kita lalu tampil judul buku yang di pinjam dan jika kita terlambat mengembalikan buku maka akan tampil berapa Denda yang harus kita bayar.
Penelusuran Jurnal ( HardCopy )
mencari contoh- contoh jurnal yang kita perlukan dalam bentuk hardcopy.
Informasi bebas Perpustakaan
untuk mengecek status dari surat bebas perpustakaan Informasi ini dipersiapkan sebagai pengganti hard-copy surat bebas yang selama ini diterbitkan oleh Perpustakaan.
Penelusuran Koleksi Audio Visual.
untuk mencari koleksi audio visual yang di miliki perpustakaan universitas gunadarma.
Koleksi Buku Terbaru
untuk melihat beberapa koleksi buku terbaru yang di miliki perpustakaan universitas gunadarma dalam periode tertentu.
Usulan Buku
untuk memberi usul buku apasaja yang harus dimiliki perpustakaan Universitas Gunadarma. serta memuat status dari usulan buku tersebut, apakah sudah diproses atau belum.
Link and Resources
memuat link- link yang di miliki perpustakaan Universitas Gunadarma. seperti Web internal yang dimiliki Universitas Gunadarma, web perpustakaan lain selain Perpustakaan Universitas Gunadarma.
Petunjuk Pembuatan PI/ Skripsi
memuat tata cara pembuatan Penulisan Ilmiah/ Skripsi.
Free Journals

terdapat beberapa journal yang di kelompokkan sesuai dengan fakultas/ jurusan yang kita buat.



jika ingin mengujungi Perpustakaan Universitas Gunadarma, klik disini

1 komentar:

The Geeks mengatakan...

Terima kasih ya gan infonya, thanks for sharing :) inspiratif..!!!

Poskan Komentar