Minggu, 31 Oktober 2010

Gunadarma center liblary

http://library.gunadarma.ac.id/

Situs ini ditujukan untuk anggota Perpustakaan Universitas Gunadarma secara khusus dan masyarakat pada umumnya. Layanan-layanan jarak jauh disediakan pada situs ini untuk memberikan kemudahan bagi pengguna jasa Perpustakaan Universitas Gunadarma untuk meningkatkan pengetahuannya.
Perpustakaan UG merupakan unit yang berfungsi memberikan pelayanan informasi kepada mahasiswa, dosen dalam melaksanakan tugas-tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Perpustakaan UG dilengkapi dengan beragam bahan pustaka yang terdiri dari buku literatur baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, majalah, jurnal ilmiah serta buku ilmu pengetahuan lainnya. Fasilitas Perpustakaan Universitas Gunadarma digunakan oleh mahasiswa, dosen, karyawan dan alumni Universitas Gunadarma.
Perpustakaan UG untuk program profesional dan sarjana terletak beberapa lokasi kampus yaitu dikampus D - depok , kampus E - kelapa dua,kampus J - Kalimalang, Akademi Kebidananserta perpustakaan program pasca sarjana terletak di kampus C - kenari . Sedangkan perpustakaan audio visual dan Jurnal Elektronik terdapat di kampus depok. Dan semua cabang perpustakaan universitas gunadarma menggunakan sistem informasi perpustakaan yang terintegrasi satu sama lain.

Profil Perpustakaan Universitas Gunadarma

Sebagai tempat menimba ilmu pengetahuan. Universitas Gunadarma menyediakan Perpustakaan yang dilengkapi dengan beragam bahan pustaka yang terdiri dari buku literatur baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris, majalah, jurnal ilmiah serta buku ilmu pengetahuan lainnya. Fasilitas Perpustakaan Universitas Gunadarma telah digunakan oleh mahasiswa, dosen, karyawan dan alumni Universitas Gunadarma.
Sesuai dengan kemajuan teknologi komunikasi telah dikembangkan perpustakaan audio visual di Universitas Gunadarma. Perpustakaan ini dilengkapi dengan peralatan video dan TV , juga perangkat komputer untuk keperluan belajar mandiri.Koleksi perpustakaan bersifat satu arah dan dua arah (multi media interaktif) Apabila seorang mahasiswa kesulitan dalam salah satu mata kuliah, mahasiswa dapat mengunjungi perpustakaan audio visual kemudian mencari koleksi yang diinginkan, kemudiana belajar secara mandiri. Dengan perpustakaan audio visual diharapkan keterbatasan ruang dan waktu dapat dihilangkan. seorang mahasiswa sastra Inggris, dapat mempelajari bagaimana kebudayaan inggris dan karya sastra klasik inggris melalui video, atau melalui audio. Untuk memenuhi koleksi video dan multi media interaktif, perpustakaan audio visual dilengkapi dengan studio produksi. distudio ini diproduksi video dan multi media interaktif. Direncanakan akan di produksi video/vcd dan multimedia interaktif untuk semua mata kuliah yang diberikan di universitas gunadarma. Para mahasiswa, dosen dan karyawan serta pihak lain yang berkepentingan dapat memanfaatkan fasilitas tersebut guna mendukung pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.


Tujuan


Menunjang Tridarma Perguruan Tinggi dengan fungsinya sebagai sumber informasi bagi pelaksanaan proses belajar dan mengajar, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.


Sejarah
1987
Berdiri Perpustakaan STKG di kampus Depok
1992
Berdiri Perpustakaan STIE di kampus Kelapa Dua
1996
Bertambah 4 buah Perpustakaan fakultas yaitu: Perpustakaan fakultas Teknik Perencanaan, Teknik Industri, Psikologi dan Sastra
2000
Secara keseluruhan disebut sebagai Perpustakaan Universitas
Lokasi Operasional

Kampus D
Jalan Margonda Raya No. 100 Depok Telepon : 78881112 - ext. 301
Gedung III Lt. 1 Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Teknologi Industri, dan Fakultas Teknik Perencanaan dan Sipil
Kampus E
Jalan Akses UI Kelapa Dua Telepon : 8727541 - ext. 501
Gedung V Lt. 1 Perpustakaan Fakultas Ekonomi, Fakultas Psikologi dan Fakultas Sastra dan Bahasa Perpustakaan Audio Visual
Kampus J
Jl. KH. Noer Ali, Kalimalang, Bekasi Telepon : 021-88860117 ext 117
Lt. 3 Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Perencanaan dan Sipil,Fakultas Ekonomi, Fakultas Psikologi dan Fakultas Sastra




Layanan Perpustakaan

Layanan yang disediakan oleh Perpustakaan Universitas Gunadarma adalah :
1. Keanggotaan
Perpustakaan menyediakan layanan keanggotaan yang ditujukan untuk mahasiswa dan staf/dosen di lingkungan Universitas Gunadarma. Dengan menjadi anggota, mahasiswa/staf/dosen dapat melakukan peminjaman koleksi bahan pustaka yang dimiliki oleh Perpustakaan Universitas Gunadarma.
2. Peminjaman bahan pustaka bagi anggota
Peminjaman bahan pustaka hanya ditujukan untuk anggota. Bahan pustaka yang dapat dipinjam adalah buku teks untuk mahasiswa dan dosen/staf, serta buku diktat kuliah untuk dosen/staf.
3. Administrasi
Layanan ini meliputi pembuatan Surat Bebas Perpustakaan dan Surat Keterangan Sumbangan.
4. Kunjungan Ruang Referensi
Bagi mahasiswa yang sedang melaksanakan penulisan ilmiah atau skripsi dapat mengunjungi ruang referensi. di ruang ini, tersedia jurnal, majalah, penulisan ilmiah, skripsi dan akses internet.
Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai prosedur masing-masing layanan, dapat dilihat disini.

Waktu Pelayanan Peminjaman
Senin - Jum'at
09.00 - 14.00 WIB (Istirahat : 12.00 - 13.00 WIB)
Sabtu
09.00 - 12.00 WIB
Kunjungan Referensi, Pengembalian dan Administrasi
Senin - Jum'at
09.00 - 15.00 WIB (Istirahat 12.00 - 13.00 WIB)
Sabtu
09.00 - 12.00 WIB


Koleksi Perpustakaan

Koleksi Dapat dicari via WebPAC
Buku
- FTSP 1882 judul 5580 eksemplar
- FILKOM 10021 judul 26052 eksemplar
- FTI 3223 judul 8992 eksemplar
- AKBID 453 judul 1108 eksemplar
- PAKET 333 judul 3181 eksemplar
- FEUG 16434 judul 41273 eksemplar
- FPSI 3591 judul 5868 eksemplar
- FSB 5098 judul 7598 eksemplar
- TT 2 judul 2 eksemplar
- PSUG 5516 judul 8162 eksemplar
Terbitan Berseri 224 terbitan 749 edisi
Penulisan Ilmiah/Skripsi
Audio/Visual

Peraturan Perpustakaan

Peraturan perpustakaan adalah peraturan yang ditujukan kepada pemakai sebagai pedoman dalam menggunakan fasilitas perpustakaan.
Tata tertib pelayanan Perpustakaan Universitas Gunadarma adalah sebagai berikut :
1. Pelayanan perpustakaan dibuka setiap hari kerja, yaitu sebagai berikut :
a. Hari Senin s.d. Jumat = pukul 09.00 s.d. 15.00 WIB
b. Hari Sabtu = pukul 09.00 s.d. 12.00 WIB
c. Istirahat (Senin s.d. Kamis) = pukul 11.30 s.d. 13.00 WIB
d. Istirahat (Jumat) = pukul 11.30 s.d. 13.30 WIB
Hal tersebut berlaku sepanjang semester / tahun akademik yang sedang berjalan, kecuali ada ketetapan lain melalui pengumuman tertulis.
2. Yang berhak mendapatkan pelayanan peminjaman dan pengembalian buku hanyalah anggota yang aktif.
3. Semua pengunjung diperkenankan masuk dengan tidak membawa tas, jaket, helm, dan atau sejenisnya. Semua barang tersebut harus dititipkan / dilletakkan pada loker yang telah disediakan.
4. Kunci loker dikembalikan setelah selesai berkunjung di perpustakaan.
5. Menghilangkan kunci loker akan dikenakan sangsi.
6. Pengunjung perpustakaan harus mengisi buku tamu yang telah disediakan.
7. Ketentuan peminjaman dan pengembalian buku untuk mahasiswa, sebagai berikut :
a. Waktu pelayanan peminjaman buku dimulai dari pukul 09.00 s.d. 15.00 WIB setiap hari Senin s.d. Jumat. Sabtu sampai pukul 12.00
b. Batas peminjaman buku maksimal sebanyak 2 (dua) buah untuk perpustakaan Kampus D sedangkan untuk perpustakaan Kampus E peminjaman buku hanya 1 (satu) buah.
c. Bagi mahasiswa yang sudah meminjam dalam jumlah maksimal maka baginya tidak diberikan pelayanan permintaan atau peminjaman buku.
d. Peminjaman buku diberikan waktu selama 14 hari (2 minggu) setiap bukunya.
e. Peminjaman, perpanjangan, dan pengembalian buku harus disertai dengan identitas keanggotaan.
f. Keterlambatan pengembalian buku dikenakan denda 1 hari sebesar Rp. 100,00 setiap bukunya.
8. Ketentuan peminjaman dan pengembalian buku bagi dosen, sebagai berikut :
a. Batas peminjaman buku maksimal sebanyak 5 (lima) buah.
b. Peminjaman buku diberikan waktu selama 6 (enam) bulan setiap bukunya.
c. Keterlambatan pengembalian buku dikenakan denda 1 hari sebesar Rp. 200 setiap bukunya. (berlaku mulai 1 Agustus 2001)
9. Pengunjung perpustakaan hendaknya menjaga ketertiban, kebersihan, dan ketenangan ruang baca serta dilarang makan, minum, merokok, dan tidur.
10. Tidak diperkenankan membawa laptop, kamera, ke dalam ruang referensi
11. Koleksi referensi tidak dapat dipinjam dan difotocopy.

Petunjuk Perpustakaan

Petunjuk pengguna merupakan pelengkap dari Peraturan yang dikeluarkan oleh Perpustakaan Universitas Gunadarma. Kami berusaha semaksimal mungkin menyediakan informasi-informasi seputar layanan Perpustakaan yang selama ini menjadi pertanyaan pengguna perpustakaan.
Petunjuk pengguna ini dibagi berdasarkan layanan yang kami sediakan, yaitu :


Keanggotaan
1. Keanggotaan Mahasiswa
• Masa berlaku keanggotaan mahasiswa adalah satu semester, pendaftaran dan perpanjangan diadakan pada setiap awal semester selama 2 bulan.
• Proses pendaftaran dan perpanjangan keanggotaan sama: Anda harus menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan fotokopi bukti pembayaran uang kuliah pada semester berjalan. Dibalik fotokopi blanko, tuliskan biodata anda yang terdiri dari Nama, Fakultas, Kelas, Alamat, RT, RW, Kota, Kode pos, Telepon.
2. Prosedur Keanggotaan Staf/Dosen
• Bagi dosen atau staff yang ingin menjadi anggota cukup menunjukkan identitas dirinya sebagai dosen Universitas Gunadarma berupa Surat Keterangan Jadwal Mengajar atau identitas lainnya. Selanjutnya mengisi biodata di buku pendaftaran keanggotaan.
• Masa berlaku keanggotaan dosen adalah selama yang bersangkutan terdaftar sebagai staf/dosen di lingkungan universitas Gunadarma.


Peminjaman/Pengembalian Buku

Yang berhak meminjam buku adalah anggota perpustakaan yang aktif. Perpustakaan menerapkan sistem pelayanan tertutup, dimana apabila pengunjung ingin membaca/meminjam suatu buku, yang bersangkutan harus memintanya terlebih dahulu kepada petugas, bukan mengambil langsung dari rak buku.
Peminjaman Buku
1. Cari nomor panggil (call number) buku yang ingin dibaca melalui katalog buku atau komputer pencarian (searching). Untuk pencarian dengan menggunakan komputer, pencarian dapat dilakukan berdasarkan judul, pengarang dan subjek.
2. Lihat detail dari katalog-katalog hasil pencarian di komputer, apabila sesuai dengan buku yang ingin dibaca catat nomor panggilnya.
3. Serahkan catatan nomor panggil tersebut kepada petugas bersamaan dengan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), jumlah maksimal buku yang dibaca adalah 2 (dua) buah. Petugas akan mengambilkannya untuk anda.
4. Setelah buku diterima, anda belum dapat membawanya pulang. Anda harus menyerahkan buku tersebut untuk dicatat sebagai transaksi peminjaman anda. Jika selesai, anda dapat membawa pulang buku tersebut.
5. Lama peminjaman untuk mahasiswa adalah 2 (dua) minggu dan dapat diperpanjang sebanyak 1 (satu) kali sehingga total peminjaman plus perpanjangan peminjaman adalah 4 (empat) minggu.
Lama peminjaman untuk dosen adalah 6 (enam) bulan.
6. Lihat batas peminjaman pada bagian belakang buku.
7. Keterlambatan pengembalian buku akan dikenakan denda sebesar Rp 100,- per hari keterlambatan untuk mahasiswa dan Rp 200,- untuk dosen.
8. Jumlah maksimal peminjaman dibawa pulang adalah 2 (dua) eksemplar untuk mahasiswa dan 5 (lima) eksemplar untuk dosen.

Perpanjangan Peminjaman
9. Serahkan buku yang ingin diperpanjang bersama dengan KTM anda, sampaikan kalau anda ingin memperpanjang peminjaman buku tersebut. Petugas akan melihat data transaksi peminjaman buku tersebut.
10. Apabila anda telah memperpanjang peminjaman buku tersebut maka anda tidak dapat memperpanjang kembali peminjaman buku tersebut dan transaksi dianggap sebagai pengembalian.
11. Apabila masa peminjaman telah melewati batas lama peminjaman, maka anda akan dikenakan denda peminjaman. Serahkan uang denda sebesar yang disebutkan petugas.
12. Apabila proses pencatatan transaksi telah selesai, petugas akan menyerahkan buku bersama KTM anda.
Pengembalian Buku
13. Serahkan buku yang ingin dikembalikan bersama dengan KTM anda, sampaikan kalau anda ingin mengembalikan buku.
14. Petugas akan melihat data transaksi peminjaman buku tersebut dan menghitung denda keterlambatannya.
15. Apabila masa peminjaman telah melewati batas lama peminjaman, maka anda akan dikenakan denda peminjaman. Serahkan uang denda sebesar yang disebutkan petugas.
16. Petugas akan mengembalikan KTM anda.

Administrasi

Proses administrasi dilakukan oleh mahasiswa yang akan dan telah melakukan sidang. Kegiatan ini terdiri dari 2 jenis: bebas perpustakaan dan sumbangan.
Bebas perpustakaan adalah surat yang menyatakan bahwa mahasiswa yang bersangkutan tidak mempunyai peminjaman lagi di Perpustakaan universitas Gunadarma. Maka, mahasiswa yang telah membuat surat bebas perpustakaan telah dianggap keluar dari keanggotaan Perpustakaan universitas Gunadarma dan tidak dapat melakukan peminjaman buku serta pendaftaran keanggotaan. Surat ini dibuat sebagai persyaratan pendaftaran sidang kelulusan (Penulisan Ilmiah bagi D3 atau Skripsi/Non-skripsi bagi S1).
Sumbangan dilakukan oleh mahasiswa yang telah melakukan sidang, baik sidang Penulisan Ilmiah (S1 atau D3) maupun Skripsi atau Non-Skripsi. Proses ini akan menghasilkan surat keterangan sumbangan yang digunakan untuk mengambil sertifikat atau Surat Tanda Lulus Sementara (STLS).
Bebas perpustakaan
17. Bagi mahasiswa D3 tunjukkan surat acc dosen pembimbing dan bagi mahasiswa S1 tunjukkan Kartu Rencana Studi.
18. Petugas akan memeriksa data transaksi, apabila masih ada peminjaman maka pembuatan surat akan ditolak.
19. Apabila tidak ada peminjaman maka pembuatan surat bebas perpustakaan dapat dilakukan dan anda akan menerima surat tersebut sesegera mungkin.
Sumbangan Buku-Penulisan/Skripsi
20. Serahkan penulisan/skripsi yang akan disumbangkan dalam jilid hard-cover dan telah ditandatangani oleh dosen pembimbing, dosen penguji dan koordinator bagian Penulisan Ilmiah/Sidang. Bagi mahasiswa S1 yang sidang Non-Skripsi tunjukkan surat jadwal sidang.
21. Bersama penulisan/skripsi serahkan juga soft-copy penulisan/skripsi dengan format Microsoft Word (.doc) yang file-filenya terdiri dari: Bab (setiap bab merupakan file tersendiri), lampiran, daftar isi, daftar pustaka, abstraksi. Masing-masing merupakan file yang terpisah. Soft-copy ini dapat disimpan dalam media disket 3,5 inci atau CD-ROM.
22. Petugas yang menerima penulisan/skripsi dengan softcopynya akan memeriksa kelengkapan dan kondisi softcopy.
23. Softcopy tidak akan diterima apabila tidak memenuhi kelengkapan sebagaimana disebutkan diatas atau medianya (disket atau CD-ROM) tidak dapat dibaca oleh komputer Perpustakaan atau terinfeksi virus yang tidak dapat dibersihkan oleh sistem anti-virus yang dimiliki oleh Perpustakaan.
24. Apabila penulisan/skripsi dan softcopy telah lengkap (tidak bermasalah) maka petugas akan menyerahkan kembali penulisan/skripsi dan softcopy-nya bersama dengan daftar/blanko sumbangan.
25. Daftar/Blanko sumbangan adalah daftar buku yang akan diserahkan atau blanko yang dibayarkan di Bank DKI oleh mahasiswa yang bersangkutan sebagai sumbangan wajib untuk perpustakaan.
26. Blanko sumbangan memiliki nominal : Rp 25.000,- untuk sumbangan dari mahasiswa S1 yang telah menyelesaikan Penulisan Ilmiahnya (Setara Sarjana Muda); Rp 40.000,- untuk sumbangan dari mahasiswa D3 yang telah menyelesaikan Penulisan Ilmiahnya; dan Rp 50.000,- untuk sumbangan dari mahasiswa S1 yang telah menyelesaikan sidang sarjananya.
27. Daftar buku sumbangan terdiri dari beberapa item judul yang dapat dipilih oleh mahasiswa sebagai sumbangannya kepada Perpustakaan Universitas Gunadarma.
28. Mahasiswa menyerahkan kembali penulisan/skripsinya bersamaan dengan sumbangannya, yaitu buku yang sesuai dengan daftar buku sumbangan (disertakan pula daftar buku sumbangan yang diberikan sebelumnya) atau pertinggal blanko yang telah dibayarkan di Bank DKI.
29. Petugas akan memproses sumbangan tersebut dan sebagai hasil akhirnya adalah surat keterangan sumbangan.

Kunjungan Referensi

Kunjungan referensi merupakan kunjungan mahasiswa ke ruang referensi dalam rangka mencari bahan untuk penulisannya. Kegiatan ini dilakukan ketika mahasiswa mendapat tugas membuat Penulisan Ilmiah atau Skripsi.
Fasilitas yang disediakan di ruang referensi adalah: koleksi penulisan/skripsi mahasiswa Universitas Gunadarma, koleksi majalah/jurnal dari berbagai instansi didalam maupun diluar Universitas Gunadarma, 5 unit komputer yang terhubung ke internet dan koleksi referensi lainnya.
Karena keterbatasan ruangan, maka kunjungan mahasiswa akan dibatasi sebanyak 8 kunjungan per semester dengan masing-masing kunjungan dibatasi waktunya selama 1 jam.
30. Mahasiswa datang ke ruang referensi berdasarkan jadwal shift yang tersedia, dengan menyerahkan Kartu Rencana Studi semester berjalan miliknya yang didalamnya terdapat keterangan bahwa yang bersangkutan sedang mengerjakan Penulisan Ilmiah/Skripsi.
31. Petugas akan menahan KRS tersebut dan menyerahkan kunci locker, mahasiswa tidak diperkenankan membawa tas selama didalam ruang referensi dan tas harus dimasukkan kedalam locker.
32. Apabila waktu shift telah selesai atau mahasiwa ingin keluar sebelum shift selesai, mahasiswa harus menyerahkan kunci locker setelah mengambil tas/barang-barang miliknya dari locker tersebut dan petugas akan mengembalikan KRS miliknya.
33. Pada masa-masa puncak kunjungan, mahasisa terkadang harus antri untuk dapat masuk kedalam ruang referensi. Maka disarankan untuk memesan terlebih dahulu paling lambat 1 jam sebelum shift kunjungan yang ingin digunakan.

Standar Operasional Prosedur

Berikut ini adalah SOP Perpustakaan Universitas Gunadarma , untuk mengetahui lebih lanjut klik link dari masing-masing SOP yang telah ada.


A. Layanan Pengguna
34. SOP Layanan Pembaca.
35. SOP Peminjaman Mahasiswa .
36. SOP Pengembalian Mahasiswa.
37. SOP Peminjaman Dosen.
38. SOP Pengembalian Dosen.
39. SOP Booking Buku.
40. SOP Perpanjangan Buku.
B. Pengolahan Bahan Pustaka
41. SOP Pengadaan Buku.
42. SOP Pengatalogan Buku.
43. SOP Pengatalogan Jurnal.
44. SOP pengatalogan PI dan Skripsi.
45. SOP Pengolahan Digital Collection.
46. SOP Truobleshooting PC.
47. SOP Pemesanan AVI.
48. SOP Pemeliharaan AVI.
49. SOP Pembuatan Video Instruksional.
50. SOP Pembuatan Video Dokumentasi.
51. SOP Pembuatan Foto Dokumentasi.
52. SOP Pembuatan CAI.
53. SOP Pembelian AVI.
C. Layanan Administrasi Perpustakaan
54. SOP Bebas perpustakaan.
55. SOP Dokumentasi Denda.
56. SOP Sumbang Penulisan Ilmiah.
57. SOP Surat Teguran.
SOP Pengurusan HAKI
58. SOP Pengurursan HAKI.
Menu- Menu yang ada di Gunadarma Central Library

Penelusuran Katalog:
untuk mencari buku- buku yang di butuhkan melalui internet.
Penelusuran Penulisan:
untuk mencari koleksi penulisan ilmiah atau skripsi sesuai dengan tema yang kita butuhkan.
Data Peminjaman Buku:
untuk mengetahui sisa buku yang kita pinjam. setelah kita memasukkan NPM kita lalu tampil judul buku yang di pinjam dan jika kita terlambat mengembalikan buku maka akan tampil berapa Denda yang harus kita bayar.
Penelusuran Jurnal ( HardCopy )
mencari contoh- contoh jurnal yang kita perlukan dalam bentuk hardcopy.
Informasi bebas Perpustakaan
untuk mengecek status dari surat bebas perpustakaan Informasi ini dipersiapkan sebagai pengganti hard-copy surat bebas yang selama ini diterbitkan oleh Perpustakaan.
Penelusuran Koleksi Audio Visual.
untuk mencari koleksi audio visual yang di miliki perpustakaan universitas gunadarma.
Koleksi Buku Terbaru
untuk melihat beberapa koleksi buku terbaru yang di miliki perpustakaan universitas gunadarma dalam periode tertentu.
Usulan Buku
untuk memberi usul buku apasaja yang harus dimiliki perpustakaan Universitas Gunadarma. serta memuat status dari usulan buku tersebut, apakah sudah diproses atau belum.
Link and Resources
memuat link- link yang di miliki perpustakaan Universitas Gunadarma. seperti Web internal yang dimiliki Universitas Gunadarma, web perpustakaan lain selain Perpustakaan Universitas Gunadarma.
Petunjuk Pembuatan PI/ Skripsi
memuat tata cara pembuatan Penulisan Ilmiah/ Skripsi.
Free Journals

terdapat beberapa journal yang di kelompokkan sesuai dengan fakultas/ jurusan yang kita buat.



jika ingin mengujungi Perpustakaan Universitas Gunadarma, klik disini

Layanan Online Student Site Gunadarma University

Studentsite Universitas Gunadarma
Universitas gunadarma sebagai salah satu universitas swasta terbaik saat ini yang ada di Indonesia terus menerus mengembangkan kurikulum dan sistem pendidikannya guna dapat bersaing dengan universitas-universitas lain. Perkembangan teknologi dan informasi pun turut menjadi salah satu aspek yang di tinjau. Untuk memberi kemudahan para mahasiswa dan untuk mengembangkan kemampuan teknologinya UG memnyediakan beberapa layanan online seperti baak online, Ug Help Desk, seminar online, carrer online, UG Game Zone sap online, elearning, v-class, library online, UGpedia online, wartawarga dan masih banyak lainnya.

kali ini saya akan membahas salah satu dari sekian banyak layanan online yang dimiliki Universitas Gunadarma yaitu layanan Student Site Gunadarma. UG Student Site adalah layanan yang diberikan oleh Universitas Gunadarma yang terdaftar sebagai mahasiswa gunadarma seperti akun FaceBook. bedanya adalah hanya Student Site ini hanya berisi tentang kegiatan perkuliahan.

Kemudahan dan kenyamanan mahasiswa dalam menjalankan studi di Universitas Gunadarma merupakan salah satu faktor penting yang senantiasa menjadi prioritas dan perhatian pihak Universitas untuk terus dikembangkan. Salah satu layanan terbaru yang diberikan kepada mahasiswa adalah "STUDENT SITE ” yang telah di-launching pada tanggal 23 November 2006. Dalam waktu satu minggu setelah kegiatan sosialisasi di Auditorium Universitas Gunadarma, jumlah mahasiswa yang sudah memanfaatkan fasilitas terbaru tersebut lebih dari 500 orang.


STUDENT SITE adalah fasilitas berbasis web yang diperuntukan bagi semua mahasiswa Universitas Gunadarma yang masih aktif. Dengan fasilitas ini, mahasiswa Universitas Gunadarma dapat berkolaborasi dan saling mendapatkan informasi antar civitas akademika Universitas Gunadarma.

Kemudahan Studentsite-UG
• UG Information: Academic transcript, Schedule of Lecture & exam(mid & final), Presence
• Access anytime, anywhere: Communicate, Collaborate, Organize, and Share Information seamlessly
• Personal and Group Calendar: Plan, schedule and track your personal and team events
• Task Management: Create, assign, monitor and track all your personal and team tasks
• Email client: Configure your existing mail accounts for sending and receiving mails

Keunggulan Studentsite- UG
• Penggunaan satu account untuk semua kepentingan akses di lingkungan aplikasi Universitas Gunadarma. Memudahkan mahasiswa untuk menggunakan aplikasi yang telah terintegrasi
• Didukung oleh aplikasi dan infrastruktur yang handal, aplikasi StudentSite-UG dapat diakses dimana saja secara online. Manfaatkan kemudahan akses StudentSite-UG ini.
• Mailbox Email 100 MB: mahasiswa juga memperoleh fasilitas email dengan kapasitas 100 MB. Fitur email ini dapat diakses dalam satu layar (window) aplikasi dengan STUDENT SITE, sehingga si mahasiswa tidak perlu mengaktifkan aplikasi browser lagi untuk melihat ataupun membuat surat elektronik. Fitur ini juga menyediakan komponen yang sudah umum seperti filtering, managing folder, deleting, dan lainnya. Kapasitas yang besar juga membuat mahasiswa lebih fleksibel untuk mengatur aktivitas surat menyurat elektroniknya.
• Gratis Penggunaan HotSpot UG.
Menu yang ada di halaman muka Studentsite
• Studensite Login:untuk masuk ke account Studentsite bagi Mahasiswa Gunadarma yang telah mendaftar di Studentsite- UG
• • Berita Studentsite: Info- info terbaru yang ada di Universitas Gunadarma untuk Mahasiswa UG
• • Studentsite Aktivasi: Untuk peng-aktivasian akun Studentsite bagi mahasiswa UG yang belum mendaftar.
• • Studentsite kontak: mengontak petugas jika ada permasalahan pada peng-aktivasian Studentsite dan masalah- masalah pada Akun Studentsite UG.
• FAQ Studentsite: pertanyaan- pertanyaan yang sering ditanyakan berkenaan dengan masalah pada Studentsite-UG.
Menu Layanan yang ada di Akun StudentSite
• Home: pada menu Home terdapat Info dari BAAK UG dan Kalender Akademik Universitas Gunadarma.
• BAAK News: terdapat informasi dari Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) yang menyangkut kegiatan- kegiatan kemahasiswaan. dan informasi yang mengenai administrasi akademik.
• Lecturer Massage: Berisi Tugas- tugas dari dosen pembimbing mata kuliah dan pesan- pesan yang menyangkut kegiatan perkuliahan.
• Rangkuman Nilai: berisi rangkuman nilai Mahasiswa selama perkuliahan. yang menyangkut nilai pada perkuliahan, kegiatan- kegiatan seperti workshop/kursus, PI / Skripsi / Aptitude / Perpus / Sidang, Ujian Mandiri UTS, dan UTS.
• Jadwal Kuliah: berisi jadwal perkuliahan yang Mahasiswa jalani.
• Jadwal Ujian: berisi jadwal kapan Mahasiswa menjalani Ujian.
• Bebas Perpustakaan: untuk membuat formulir permohonan bebas perpustakaan yang merupakan syarat untuk mengikuti sidang skripsi pada mahasiswa tingkat akhir
• Surat Keterangan: berisi contoh Formulir surat keterangan. seperti menjadi anggota perpustakaan, asuransi kesehatan, pengunduran diri, melamar kerja, tunjangan pensiun kantor orang tua, magang kerja, memperoleh data penulisan ilmiah, memperoleh data skripsi, analisis data, kerja praktek, permohonan magang kerja, dan tunjangan gaji dari kantor orang tua. jenis- jenis surat tersebut terdapat pada menu ini.
• Informasi Absensi: berisi informasi absensi selama menjalani perkuliahan yang bisa dilihat mahasiswa semester 6 untuk melihat seberapa aktif mahasiswa tersebut dalam kegiatan perkuliahan.
• Pendaftaran Lomba Blog: menu ini berisi formulir pendaftaran lomba blog bagi mahasiswa yang ingin mengikutinya.
• Info Seminar: berisi informasi acara seminar yang diadakan universitas gunadarma.
• Tulisan (UG Portofolio): untuk me-link tugas- tugas selain tugas softskill dan tulisan- tulisan yang di buat Mahasiswa dalam Blog. selain itu tulisan juga bisa kita muat di Warta Warga Universitas Gunadarma.
• Tugas (UG Portofolio): sama fungsinya dengan menu tulisan. tetapi hanya tugas softskill yang boleh dimasukkan dalam menu ini.
• Deposit Library: dalam Deposit Library ini kita bisa meng- upload Penulisan Ilmiah atau skripsi. serta membuat permohonan bebas perpustakaan.
• Warta Warga UG: dalam menu ini kita bisa membuat posting atau penulisan yang akan masuk di Warta Warga UG.
• Blog Komunitas: terdapat beberapa blog komunitas dalam menu ini. tergantung blog mana yang sesuai dengan minat dan jurusan mahasiswa yang ingin menulis posting di salah satu blog komunitas berikut: Blog Komunitas Perbankan, Linux, fotografi, robotika, arsitektur, Ekonomi syariah, dan Pasar Modal.
General Menu yang ada di Akun StudentSite
• Locker: Seperti halnya loker biasa yang dapat menyimpan berbagai barang pribadi si pemilik, fitur LOCKER ini juga meyimpan pesan dosen (Lecture Message) yang diberikan oleh dosen dari mahasiswa yang bersangkutan, Rangkuman Nilai, Jadwal Kuliah , dan Jadwal Ujian. Jadi dengan hanya membuka “LOCKER”, mahasiswa bisa tahu semua hal yang terkait dengan kegiatan akademisnya di Universitas Gunadarma..
• Change Password: untuk mengganti password akun Studentsite mahasiswa.
• Preferences: berisi pengaturan yang ingin di atur kembali oleh pemilik akun Studentsite.
Menu- Menu di Akun StudentSite
Home:pada menu Home terdapat BAAK News, Kalender Akademik, dan General Menu.
Calendar: menu ini berisi kalender, dan jadwal- jadwal yang telah Mahasiswa muat selayaknya agenda dalam kalender ini. serta pada menu ini kita bisa mengatur tampilan kalender kita. Dengan demikian, tidak ada kegiatan yang terlewatkan atau terlupakan
Adress Book: melihat daftar kontak sesama mahasiswa gunadarma yang telah mereka buat. dan dapat dimanfaatkan untuk mengelola alamat-alamat email kolega dari mahasiswa yang bersangkutan.
InfoLog: untuk melihat jadwal yang telah mahasiswa buat, jandwal telepon, dan catatan- catatan penting.
File Manager: Untuk menyimpan dan mengelola file- file yang dimiliki mahasiswa dan mengatur file- file tersebut
Forum: menu ini langsung masuk ke sini dan berguna untuk berkomunikasi dan bertukar pikiran mengenai suatu topik yang sedang hangat saat ini dengan rekan-rekan sejawatnya melalui fitur ini.
BookMark: fitur yang harus dimanfaatkan oleh mahasiswa yang sering mencari informasi melalui internet, terutama jika mereka memiliki situs favorit yang sering mereka kunjungi. Karena dengan fitur ini mahasiswa dapat menyimpan URL situs favoritnya tersebut untuk referensi di kemudian hari.
Polls: fitur ini semacam kuesioner. Dengan fitur ini, mahasiswa bisa menjaring pendapat rekan-rekannya mengenai suatu topik, peristiwa maupun fenomena yang sedang terjadi. dan bisa dipergunakan sebagai pengganti angket jika ada tugas yang memerlukan angket sebagai datanya, tapi sayang, menu ini jarang sekali di jamah oleh mahasiswa.

LogOut: link untuk keluar dari akun Studentsite mahasiswa.

Semua itu bisa diakses di mana saja dan kapan saja. Ayo tunggu apa lagi, jangan ketinggalan untuk merasakan semua kelebihan dan manfaat yang bisa anda dapatkan dari fasilitas STUDENT SITE.demikian pembahasan saya tentang StudentSite Universitas Gunadarma. jika ingin mengunjungi halaman Student site klik link ini.

Sabtu, 30 Oktober 2010

TUGAS DASAR PEMASARAN

  PERUBAHAN TEKNOLOGI
Inovasi dilakukan untuk meningkatkan layanan informasi dan telekomunikasi.
Inovasi yang berlangsung dengan cepat dapat menumbuhkan pasar persaingan.
            Pasar layanan informasi dan komunikasi yang memberikan peluang bagi pemain baru akan mengakhiri monopolisasi. Struktur industri informasi dan telekomunikasi akan semakin kompleks dengan adanya perubahan teknologi dan institusi.
Pada tahun 1980-an terdapat beberapa perubahan dalam industri informasi dantelekomunikasi yaitu, perubahan jaringan telekomunikasi (dari analog ke digital
switching dan transmisi), konvergensi teknologi informasi dan telekomunikasi, dan
perubahan kebijakan serta regulasi yang memberikan peluang bagi pemain baru untuk ikut serta dalam persaingan pada industri telekomunikasi.

Terdapat dua pandangan dalam menginterprestasikan pengaruh dari perubahan tersebut.
Pertama model Idealis, yang diperoleh dari teori yang menggambarkan
munculnya pasar persaingan sempurna. Pasar persaingan sempurna ditandai dengan ketiadaan halangan bagi perusahaan untuk masuk dan keluar.
Pandangan yang kedua adalah model Strategis, yang menggambarkan teori persaingan tidak sempurna, monopolistik dan oligopolistik. Pada model ini diasumsikan bahwa perusahaan tidak menentukan ketidak-stabilan oligopoli dimana perubahaan korporasi dengan sengaja menggunakan strategi harga jangka pendek untuk mencapai pertahaanan jangka panjang dan kekuatan monopoli. Dalam model strategis, terdapat persaingan di antara perusahaan yang dominan, dan hasil dari monopolisasi tidakmemberikan keuntungan yang sama kepada seluruh perusahaan dalam pasar.

Monopolisasi tidak mengarah kepada monopoli melainkan kepada kegiatan perusahaan (yang dominan) yang berusaha untuk membentuk kekuatan pasar. Model Strategis mengakui bahwa monopolisasi merupakan proses yang terus menerus memberikan hasil yang tidak pasti.
Pandangan terhadap model Idealis tahun 1980-an mengandung dua asumsi yaitu, perluasan pasar melalui harga dan permintaan yang ”tepat pada waktunya. Perluasan pasar melalui pengendalian harga diharapkan dapat mendorong liberalisasi dan privatisasi pasar, menciptakan persaingan melalui reduksi harga, dan meningkatkan elastisitas permintaan.
Hal ini didasari oleh asumsi bahwa dengan menghilangkan penghalang masuk (entry barrier) dan dengan mengubah rangsangan terhadap perusahaan, maka persaingan pada layanan telekomunikasi akan mendekati sempurna.
Permintaan yang ”tepat waktu” diharapkan tidak hanya dapat mengubah penawaran pasar tetapi juga memberikan pendapatan yang besar.
Model Idealis
mengasumsikan bahwa liberalisasi pasar dan deregulasi akan menciptakan pasar
persaingan sempurna.
Dalam pasar persaingan sempurna, permasalahan investasi dan penawaran dianggap akan dapat selesai dengan sendirinya.
Pada model idealis, pasar persaingan sempurna merupakan mekanisme yang paling efektif untuk mengkoordinasi interaksi di antara seluruh pemain di dalam pasar.
Namun, pada model Strategis, diakui bahwa seluruh pemain tidak ditempatkan pada posisi yang sama. Incumbents, dan Insurgents diikut-sertakan dalam proses persaingan dan monopolisasi yang memungkinkan pemain memperoleh kekuatan di dalam pasar.
Penguasaan pasar akan tergantung pada kemampuan mereka untuk mempertahankan atau mendapatkan dominasi serta mengendalikan lingkungan jasa atau infrastruktur.

Hasil dari pasar tersebut dipengaruhi oleh :
1. perubahan dalam keseimbangan
    kekuatan di antara pemasok sebagai akibat dari strategi investasi dan
    keputusan mengenai pengaturan dan kebijakan persaingan
2. perbedaan tingkat perkembangan permintaan
3. pengaruh yang tidak diharapkan dari pengembangan aspek teknis.

Dalam jangka pendek, kepemimpinan incumbent sangat mungkin bersifat mutlak.
Sementara dalam jangka menengah dan jangka panjang, karena waktu pandangannya hingga pada dekade selanjutnya, terdapat tiga kemungkinan yang akan terjadi di mana masing-masing mengimplikasikan kombinasi dan distribusi kekuatan pasar yang berbeda.
Pertama, Kepemimpinan incumbent akan terus berlanjut selama jangka menengah jika incumbent menguasai permintaan yang cukup untuk membatasi masuknya persaingan dalam bidang jasa maupun infrastruktur.
Kedua, kepemimpinan incumbent beralih menjadi kepemimpinan insurgent dimana suatu kombinasi teknologi yang berbeda akan tersebar untuk meningkatkan infrastruktur.
Ketiga, komunitas virtual akan terbentuk dengan adanyapengembangan yang besar dari Internet sebagai dasar peningkatan teknologi informasi dan komunikasi.

Kemajuan yang signifikatn dalam keamanan jaringan publik telekomunikasi dan Internet akan membutuhkan beberapa fitur keamanan seperti monitorisasi dan otorisasi.
Dalam melaksanakannya akan membutuhkan biaya penggunaan jaringan tersebut bagi user. Beberapa user akan bersedia membayar lebih tinggi untuk mendapatkan akses dan layanan yang lebih handal untuk mendapatkan sambungan yang baik yang akan mengizinkan mereka menerima informasi dalam format audio-visual, audio, gambar serta file untuk keperluan usaha, sosial, hiburan dan pendidikan. Kebijakan mengenai hal tersebut harus dibuat dengan mempertimbangkan informasi yang bernilai tinggi.
Jika incumbent dan insurgent menggunakan kekuatan pasar mereka untuk mengganggu jalannya persaingan maka kebijakan dari pemenrintah akan sangat penting untuk menilai dan mengawasi berbagai investasi dalam infrastruktur dan konten (termasuk software).
Walaupun penggabungan antara incumbent dan insurgent menguntungkan dalam meningkatkan kekuatan persaingan nasional dalam pasar global, namun akan menghalangi para pemain kecil untuk ikut serta dalam persaingan.


DAMPAK TEKNOLOGI
Dampak teknologi terdiri atas dampak positif dan dampak negative dari perkembangan teknologi dilihat dari berbagai bidang:

1. Bidang Informasi dan komunikasi
    Dalam bidang informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat.
Dari kemajuan dapat kita rasakan dampak positipnya antara lain:
   a. Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru
       di bumi bagian manapun melalui internet
   b. Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh
   hanya dengan melalui handphone
   c. Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah. Dan lain-lain

    Disamping keuntungan-keuntungan yang kita peroleh ternyata kemajuan kemajuan teknologi tersebut dimanfaatkan juga untuk hal-hal yang negatif, antara lain:
   a. Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas)
   b. Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang
   bisa disalah gunakan fihak tertentu untuk tujuan tertentu
   c. Kerahasiaan alat tes semakin terancam melalui internet kita dapat memperoleh
   informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes
   psikologi secara langsung dari internet.
   d. Kecemasan teknologi selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi
   komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file
   penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena
   teknologi. Rusaknya modem internet karena disambar petir.

2. Bidang Ekonomi dan Industri
    Dalam bidang ekonomi teknologi berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan manfaat positifnya antara lain:
   a. Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
   b. Terjadinya industrialisasi
   c. Produktifitas dunia industri semakin meningkat kemajuan teknologi akan
       meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek
       teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi
       yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan
       produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi
       di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa
       akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara
       individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan
       dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi, dan
       yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke toko.
   d. Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu
       menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.
       Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada
       penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan.
       Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan
       mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan
      adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu
      mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan
      tenaga kerja yang berubah tersebut.
  e. Di bidang kedokteran dan kemajauan ekonomi mampu menjadikan produk
      kedokteran menjadi komoditi

   Meskipun demikian ada pula dampak negatifnya antara lain;
  a. terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan
  b. Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan: konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang bermental "instant".

3. Bidang Sosial dan Budaya
    Akibat kemajuan teknologi bisa kita lihat
  a. Perbedaan kepribadian pria dan wanita.
      Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang
      memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun
      dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang
      sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol.
      Data yang tertulis dalam buku Megatrend for Women:From Liberation to  
      Leadership yang ditulis oleh Patricia Aburdene & John Naisbitt (1993)
      menunjukkan bahwa peran wanita dalam kepemimpinan semakin membesar.
      Semakin banyak wanita yang memasuki bidang politik, sebagai anggota
      parlemen, senator, gubernur, menteri, dan berbagai jabatan penting lainnya.
  b. Meningkatnya rasa percaya diri
      Kemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik.
      Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri
      dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa
      Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.
  c. Tekanan, kompetisi yang tajam di pelbagai aspek kehidupan sebagai
      konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan  
      pekerja keras

    Meskipun demikian kemajuan teknologi akan berpengaruh negatip pada aspek
    budaya:                                               
  a. Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan
      remaja dan pelajar. Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan
      pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan
      sebagian warga masyarakat menjadi "kaya dalam materi tetapi miskin dalam
      rohani".
  b. Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat
      semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat, seperti
      gotong royong dan tolong-menolong telah melemahkan kekuatan-kekuatan
      sentripetal yang berperan penting dalam menciptakan kesatuan sosial. Akibat
      lanjut bisa dilihat bersama, kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan
      remaja dan pelajar semakin meningkat dalam berbagai bentuknya, seperti
      perkelahian, corat-coret, pelanggaran lalu lintas sampai tindak kejahatan.
  c. Pola interaksi antar manusia yang berubah kehadiran komputer pada
      kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola
      interaksi keluarga. Komputer yang disambungkan dengan telpon telah membuka
      peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar. Program internet
      relay chatting (IRC), internet, dan e-mail telah membuat orang asyik dengan
      kehidupannya sendiri. Selain itu tersedianya berbagai warung internet (warnet)
      telah memberi peluang kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer dan
      saluran internet sendiri untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet.   
      Kini semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya sendirian dengan
      komputer. Melalui program internet relay chatting (IRC) anak-anak bisa asyik
      mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja.

4. Bidang Pendidikan
    Teknologi mempunyai peran yang sangat penting dalam bidang pendidikan antara
     lain:
  a. Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan
      pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya
      sumber ilmu pengetahuan.
  b. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa
      dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah
      metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi
      yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat
      abstrak.
  c. Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka
      Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan
      siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.
     
   Disamping itu juga muncul dampak negatif dalam proses pendidikan antara lain:
  a. Kerahasiaan alat tes semakin terancam program tes inteligensi seperti tes
      Raven, Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk.. Implikasi
      dari permasalahan ini adalah, tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor,
      dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran
      melalui internet tersebut.
  b. Penyalah gunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan
      tindak kriminal.
      Kita tahu bahwa kemajuan di badang pendidikan juga mencetak generasi yang
      berepngetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contonya dengan
      ilmu komputer yang tingi maka orang akan berusaha menerobos sistem
      perbangkan dan lain-lain.

5. Bidang politik
  a. Timbulnya kelas menengah baru pertumbuhan teknologi dan ekonomi di
      kawasan ini akan mendorong munculnya kelas menengah baru. Kemampuan,
      keterampilan serta gaya hidup mereka sudah tidak banyak berbeda dengan 
      kelas menengah di negara-negera Barat. Dapat diramalkan, kelas menengah
      baru ini akan menjadi pelopor untuk menuntut kebebasan politik dan kebebasan
      berpendapat yang lebih besar.
  b. Proses regenerasi kepemimpinan.
      Sudah barang tentu peralihan generasi kepemimpinan ini akan berdampak
      dalam gaya dan substansi politik yang diterapkan. Nafas kebebasan dan
      persamaan semakin kental.
  c. Di bidang politik internasional, juga terdapat kecenderungan tumbuh
      berkembangnya regionalisme. Kemajuan di bidang teknologi komunikasi telah
      menghasilkan kesadaran regionalisme. Ditambah dengan kemajuan di bidang
      teknologi transportasi telah menyebabkan meningkatnya kesadaran tersebut.  
      Kesadaran itu akan terwujud dalam bidang kerjasama ekonomi, sehingga
      regionalisme akan melahirkan kekuatan ekonomi baru.

SOLUSI TEKNOLOGI
Sebagai gerakan peduli terhadap lingkungan, Unpad menawarkan solusi teknologi yang berbasis ramah lingkungan. Solusi ini dinamakan Biopori, yang diluncurkan langsung oleh Rektor Unpad Prof. Ganjar Kurnia. Hadir pula PR Bidang Kemahasiswaan Trias Nugrahadi, dr. Sp. KN, Sekretaris Senat Prof. Dr. Johan Masjhur, dr., Sp.PD-KEMD, SpKN, juga oleh beberapa Dekan Fakultas. Acara ini diselenggarakan pada hari Senin (22/12) di Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Jl. Dipati Ukur , Bandung.
Biopori atau yang biasa disebut dengan Teknologi Lubang Resapan Biopori merupakan metode alternatif untuk meresapkan air hujan ke dalam tanah, selain dengan sumur resapan. Pemanfaatan Biopori ini akan membuat keseimbangan alam terjaga, sampah organik yang sering menimbulkan bau tak sedap dapat tertangani, disamping itu juga dapat menyimpan air untuk musim kemarau. Ide awal ini pertama kali diperkenalkan oleh Kamir Raziudin Brata, seorang peneliti dan dosen di Departemen Ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan IPB.
Selain itu kelebihan dari Biopori ini adalah memperkaya kandungan air hujan. Karena setelah diresapkan kedalam tanah lewat Biopori yang mengandung lumpur dan bakteri, air akan melarutkan dan kemudian mengandung mineral-mineral yang diperlukan oleh kehidupan. Adapun tujuan Lubang Resapan Biopori (LRB) ini adalah agar air masuk sebanyak mungkin kedalam tanah.
“Alat-alat Biopori ini juga akan disosialisasikan ke masing-masing Fakultas, sedangkan untuk jangka panjangnya kita akan mengajak IKOPIN, UNWIM dan IPDN untuk juga dapat menjaga air resapan wilayah Jatinangor melalui Biopori ini”, ucap Bambang Aris Sistanto yang juga Dosen Fakultas Teknik Industri Pertanian. Alat pelubang resapan Biopori ini langsung coba digunakan oleh Rektor Unpad dan beberapa staf Unpad lainnya, bahkan beberapa mahasiswa Unpad ikut mencoba menggunakan alat ini.
Kelebihan LRB lainnya adalah selain sederhana, alat ini sangat mudah digunakan oleh kaum perempuan. Selain itu 10 manfaat dari LRB ini antara lain adalah memelihara cacing tanah; mencegah terjadinya keamblesan (subsidence) dan keretakan tanah; menghambat intrusi air laut; mengubah sampah organik menjadi kompos; meningkatkan kesuburan tanah; menjaga keanekaragaman hayati dalam tanah; mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh adanya genangan air seperti Demam Berdarah, Malaria, Kaki Gajah, (mengurangi masalah pembuangan sampah yang mengakibatkan pencemaran udara dan perairan); mengurangi emisi gas rumah kaca (CO2 dan metan); serta mengurangi banjir, longsor dan kekeringan.


Selasa, 26 Oktober 2010

SEBUAH KECELAKAAN DI DEPAN GUNADARMA

Tanggal 21 okt 2010

Tepatnya hari kamis pukul 18.15 WIB setelah magrib.

Saya melihat dengan mata kepala saya sendiri orang tua kira-kira 60 tahun sedang menyebrang di jalan akses UI tepatnya di deket kampus E Universitas Gunadarma lalu ia terserempet motor, orang itu terdampar merenggek-renggek kesakitan dan orang yang mengendarai motorpun jatuh d tengah-tengah jalan raya, tak lama saya turun ke jalan menolong orang itu pertama saya mengambil langkah menolong orang yang mengendarai motor karena ia terhimpit motor lalu saya membawa motor itu ke pinggir jalan agar kendaraan lain bisa melintas dan tidak macet, di samping itu teman-teman saya pun menyalurkan bantuan membawa korban kecelakaan itu ke pinggir jalan, setelah di ketahui orang yang mengendarai motor itu berjenis kelamin perempuan ia cuma mengalami luka ringan tapi ia sempat nangis ‘maklum perempuan’.lalu saya mendekati orang tua itu ia kesakitan menahan pinggang yang terserempet motor itu. Tak lama orang yang mengendarai motor itu pergi setelah ia menghubungi saudaranya lalu saya mengejar untuk meminta pertanggung jawaban atas kecelakaan itu karena saya tidak tega melihat orang tua yang terus merenggek kesakitan, setelah bertemu orang yang mengendarai motor itu saya bebincang-bincang mencari jalan keluar dari masalah itu, tak lama sauadara yang mengendarai motor itu akhirnya mau menghampiri orang tua itu, setelah itu bertemu lah orang bersangkut pautnya tak lama masalah itupun selesai,, lalu aku pun lega dan pulang ke kostan dengan hati yang bahagia karena sudah menolong orang, semoga amal kebaikan saya di balas dengan hal yang sama.. amin
SEKIAN.

Rabu, 20 Oktober 2010

Sejarah Universitas Gunadarma

Sejarah Universitas Gunadarma


Selain budi atau akhlak, manusia masih memerlukan sejumlah hajat untuk dapat hidup layak di dunia ini. Manusia memerlukan makanan dan minuman, kesehatan dan kebersihan, pakaian dan keindahan, hunian dan pemukiman, transportasi dan komunikasi, serta budi bahasa dan pendidikan. Dari waktu ke waktu, hajat hidup ini memerlukan standar baru sesuai dengan perkembangan zaman. Acuan dari standar ini selalu berpatokan kepada martabat menusia, sehingga dalam batas kemungkinan, manusia terus berusaha untuk mempertinggi martabat kemanusiaan di bumi ini.

Tanpa mengurangi perhatian kita kepada kepentingan berbagai hajat lainnya di dalam hidup ini, disini kita mencoba melihat satu saja di berbagai hajat hidup itu. Kita melihat hajat hidup yang berbentuk pendidikan. Kita menelaah bagaimana pendidikan ini berkaitan dengan perkembangan kehidupan di dalam masyarakat. Dan kita mencatat pula sebagai hal yang mempengaruhi pendidikan beserta standar didalam pendidikan itu.

Standar baru di dalam pendidikan selalu menuntut adanya perubahan di dalam pendidikan. Perubahan itu dapat saja muncul dalam berbagai wujud. Adakalanya, perubahan itu muncul dalam bentuk perubahan sistem. Ada kalanya pula, perubahan itu tiba dalam bentuk bahan pelajaran baru. Perpaduan diantara berbagai perubahan di dalam pendidikan membawa pendidikan kita ke dalam kegiatan yang selalu dinamik. Dan bersama dinamika itu, pendidikan kita berusaha untuk berkembang bersama dengan semua hajat yang ada di dalam hidup manusia.

Dalam batas tertentu, standar baru pada pendidikan berkaitan pula dengan keadaan hidup di dalam masyarakat. Pada waktunya, pendidikan menyesuaikan diri kepada keadaan masyarakatnya. Dan saatnya pula, pendidikan menjadi perintis bagi perubahan didalam masyarakat. Kaitan diantara pendidikan dan masyarakat ini bersumber pada hakekat hidup. Dan hakekat hidup itu selalu menuntut agar kaitan demikian dapat membuat seluruh hajat hidup manusia menjadi satu sistem yang utuh.

Bagi kelompok manusia, kata abstrak yang memadukan pendidikan dan masyarakat ini perlu dieja ke dalam bentuk yang kasatmata. Dalam pengejaan seperti inilah, mereka menyaksikan berbagai perkembangan masyarakat dalam wujudnya yang nyata. Dan bersamaan dengan itu, mereka melihat juga pendidikan di dalam bentuknya yang sejati.

Kelompok manusia yang kebetulan berfungsi sebagai pendidik itu, melihat betapa pesatnya suatu era baru menyingsing di dalam masyarakat kita. melalui luapan alat yang berwujud komputer, komunikasi di dalam masyarakat mengenai dimensi baru. Masyarakat kita memerlukan data dan informasi melalui standar baru. Data mulai diolah dengan kecermatan dan kecepatan yang tinggi. Informasi yang biasanya terletak di luar jangkauan olah mulai masuk ke dalam jangkauan olah. Dan bersama itu, masyarakat mulai menyadari kenyataan bahwa era baru telah muncul di dalam hidup mereka.

Dalam rangka inilah, kelompok manusia pendidik itu mulai melihat suatu kenyataan baru. Melalui kaitan diantara masyarakat dan pendidikan, standar baru didalam masyarakat perlu diimbangi pula oleh standar baru pendidikan. Kalau masyarakat telah memasuki era baru dengan menerima kehadiran komputer, maka pada tempatnyalah kalau pendidikan mulai pula merintis pengetahuan tentang komputer itu. Dan bersama itu, pendidikan komputer merupakan salah satu standar baru di dalam dinamika pendidikan zaman sekarang.

Segera pula kelompok manusia pendidik itu mengambil tindakan kasat mata. Pada hari Jumat tanggal 7 Agustus 1981, mereka membuka pendidikan komputer dengan nama Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK) yang menampung 91 orang mahasiswa. Dan pada hari Senin, tanggal 10 Agustus 1981, kuliah pertamapun dimulai. Kuliah inipun berkembang sehingga menuntut suatu wadah yang lebih mantap. Melalui asuhan Yayasan Pengembangan Sistem Analisis dan Operation Research Matematika (SAOR Matematika), wadah pendidikan itu berubah menjadi Akademi Sains dan Komputer Indonesia (ASKI). Sejak itu meluncurlah suatu kegiatan untuk membangkitkan standar baru di dalam pendidikan. Kegiatan itu berbentuk pendidikan ilmu komputer dan matematika.

Pendidikan komputer dan matematika inipun kemudian dimantapkan lagi ke dalam wadah yang lebih tinggi yakni wadah yang berbentuk akademik ke wadah yang berbentuk sekolah tinggi. Pada hari Kamis, tanggal 21 Juni 1984, nama Gunadarma dipilih untuk menjadikan nama dari sekolah tinggi itu. Pada hari Senin, tanggal 9 Juli 1984, Yayasan Pengembangan Sistem Analis dan Operation Research Matematika diganti menjadi Yayasan Pendidikan Gunadarma. Sehari kemudian, pada hari Selasa, Tanggal 10 Juli 1984, melalui Surat Keputusan Yayasan Pendidikan Gunadarma, secara resmi nama Gunadarma dikukuhkan ke dalam sekolah tinggi itu menjadi Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma (STKG). Bersama itu, sejak dari tanggal 7 Agustus 1981 melewati tonggak tanggal 21 Juni 1984, tanggal 9 Juli 1994, serta tanggal 10 Juli 1994, satu kurun sejarah telah mengantar pendidikan komputer pada Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma ke kurun sejarah berikutnya.

Pemantapan ini kemudian dikukuhkan lagi melalui keputusan yang dirintis oleh Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah III. Pada hari Selasa, tanggal 14 Agustus 1984, Kopertis III memberikan izin operasional kepada STKG. Untuk membangkitkan semangat belajar yang lebih tinggi di kalangan mahasiswa, pada hari Jumat, tanggal 28 September 1984, diselenggarakanlah oleh Gunadarma upacara wisuda pertama setara sarjana muda, untuk diulangi lagi pada hari Selasa, tanggal 24 September 1985, dan pada hari Jumat, tanggal 26 September 1986. Sampai disini, kita mulai melihat STKG ini berkembang diberbagai dimensi serta bersama itu, kita melihat perkembangan itu dari dimensi ke dimensi.

Dimensi pertama adalah dimensi program pendidikan. Pada dimensi ini, STKG mulai memproleh kemajuan yang cukup pesat. Pada hari Sabtu, tanggal 5 Oktober 1985, melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0424/0/1985, sekolah tinggi ini dinyatakan berstatus Terdaftar dengan nama baru Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Gunadarma (STMIK Gunadarma). Bersamaan dengan itu, STKG berubah menjadi STMIK Gunadarma secara lebih rinci lagi, di dalam status Terdaftarnya itu, Gunadarma dapat mengasuh dua Jenjang Pendidikan yakni Jenjang Pendidikan Tinggi Strata Satu (S1) serta Jenjang Pendidikan Tinggi Strata Nol (S0) dalam bentuk Diploma Tiga (D3).

Bersama status itu, Sekolah Tinggi ini mengasuh dua Jurusan yakni Jurusan Manajemen Informatika (MI) dan Jurusan Teknik Komputer (TK). Setiap Jurusan memiliki satu Program Studi yang memiliki nama yang sama dengan Jurusannya itu. Demikianlah pada Manajemen Informatika untuk Jenjang S1 dan D3 serta pada Jurusan Teknik Komputer terdapat Program Studi Teknik Komputer untuk Jenjang S1 dan D3. Dan sebagai pemantapan lebih lanjut, pada hari Selasa, tanggal 29 Juli 1986, STMIK Gunadarma memperoleh Statuta baru dari Yayasan Pendidikan Gunadarma.

Pada hari Selasa, tanggal 13 Januari 1987, untuk pertama kali, STMIK Gunadarma menyelenggarakan Sidang Sarjana yang diikuti oleh tiga mahasiswa. Sidang Ujian untuk tiga mahasiswa berikutnya, diselenggarakan pada hari Jumat, tanggal 16 Januari 1987 dan Sidang Ujian ketiga yang diikuti oleh empat mahasiswa diselenggarakan pada hari Rabu, tanggal 21 Januari 1987. Kalau pada tahun 1984, 1985 dan 1986, Perguruan Tinggi ini hanya dapat menyelenggarakan Wisuda setara Sarjana Muda, maka pada tahun 1987 ini, STMIK Gunadarma telah mampu menyelenggarakan wisuda sesungguhnya. Demikianlah pada hari Sabtu, tanggal 24 Januari 1987, STMIK Gunadarma menyelenggarakan Wisuda Sarjana yang pertama.

Untuk mengukukan Ujian Sarjana itu, maka mulai hari Selasa tanggal 16 Juni 1987, untuk pertama kalinya, STMIK Gunadarma menyelenggarakan Ujian Negara Cicilan (UNC). UNC pertama ini berlangsung dalam Status Terdaftar. Sejak itu, terjadilah maraton diantara sidang Ujian Sarjana, Ujian Negara Cicilan, dan Wisuda. Gabungan dari semua unsur itu menghasilkan Sarjana Manajemen Informatika dan Sarjana Teknik Komputer, lulusan STMIK Gunadarma yang terus bercurahan ke dalam masyarakat.

Sidang Ujian Sarjana ke-4, ke-5 dan ke-6, berlangsung pada hari Selasa tanggal 29 September 1987, pada hari Selasa, tanggal 6 Oktober 1987, pada hari Jumat, tanggal 9 Oktober 1987. Dan Sidang Ujian Sarjana inipun terus berlangsung hinggga pada bulan September 1994, STMIK Gunadarma telah melampui sidangnya yang ke-150. Ujian Negara Cicilan ke-2, ke-3, ke-4, berlangsung mulai hari Senin tanggal 1 November 1987, mulai hari Senin tanggal 20 Juni 1988, mulai hari Senin tanggal 12 Desember 1988. Dan Ujian Negara Cicilan inipun terus berlangsung pada setiap semester sampai sekarang ini. Wisuda sarjana ke-2, ke-3, ke-4, berlangsung pada hari Selasa tanggal 16 Februari 1988, pada hari Sabtu tanggal 21 Januari 1989, pada hari Sabtu tanggal 17 Februari 1990. Dan demikianlah, wisuda terus berlangsung, dari setahun sekali menjadi setahun dua kali.

Kemajuan di dimensi program ini tidak hanya sampai disitu. Pada hari Senin tanggal 4 Januari 1988, melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaaan No.006/O/1988, Status Terdaftar STMIK Gunadarma Program Studi Manajemen Informatika dan Program Studi Teknik Komputer dinaikkan menjadi Status Diakui. Dan sekali lagi pada hari Sabtu tanggal 12 Agustus 1989 melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0490/O/1989, Status kedua Program Studi itu dinaikkan lagi menjadi Status Disamakan.

Pengembangan Program Pendidikan terus berlanjut sehingga pada hari Selasa tanggal 4 Juli 1989, STMIK Gunadarma membuka lagi Jurusan baru yakni Jurusan Teknik Informatika (TI) dengan program studi Teknik Informatika. Pada hari Kamis, tanggal 7 September 1989, Jurusan dan Program Studi baru ini memperoleh Status Terdaftar. Selanjutnya, Status Diakui dicapai Program Studi Teknik Informatika pada hari Rabu, tanggal 19 Juni 1991, serta Status Disamakan diperoleh pada hari Kamis, tanggal 20 Februari 1992. Dan bersamaan dengan itu, semua Program Studi di STMIK Gunadarma telah mencapai Status Disamakan.

Pengembangan Program Pendidikan terus berlangsung. Selain Program Pendidikan Jenjang D3 dan Jenjang S1, Perguruan Tinggi ini juga melangkah maju ke Program Pendidikan Tinggi Strata Dua (S2) yang dikenal Program Pendidikan Magister. Pada hari Senin, tanggal 10 Mei 1993, STMIK Gunadarma dilengkapi lagi dengan Program Pasca Sarjana Strata Dua bidang Manajemen Sistem Informasi.

Disamping Bidang Manajemen Informatika, Teknik Komputer, dan Teknik Informatika Gunadarma juga melangkah ke Bidang lain. Pada hari Sabtu tanggal, 13 Januari 1990 Gunadarma mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma atau dikenal dengan STIE Gunadarma. Di dalam STIE Gunadarma terdapat dua Jurusan, yakni Jurusan Manajemen dan Jurusan Akuntansi. Kalau Jurusan Akuntansi hanya mengasuh satu program studi, yakni Program Studi Akuntansi, maka Jurusan Manajemen mengasuh lima Program Studi, yakni Program Studi Manajemen Keuangan dan Perbankan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Produksi, Manajemen Trasportasi dan Manajemen Koperasi. STIE Gunadarma memperoleh Status Terdaftar pada hari Kamis tanggal 16 Juni 1990 serta mulai berkuliah pada hari Senin tanggal 17 September 1990.

Sejalan dengan STMIK Gunadarma status STIE Gunadarma juga mengalami kemajuan yang pesat. Dari Status Terdaftar memperoleh Status Diakui dan kemudian Status Disamakan. Sampai pada bulan September 1994, STIE telah menjalankan tiga kali Wisuda. Selanjutnya, bersamaan waktu dengan pembukaan Program Pendidikan Tinggi Strata Dua Bidang Manajemen Sistem Informasi pada STMIK, STIE juga membuka Program Pendidikan Tinggi Strata Dua di Bidang Manajemen Asuransi.

Dimensi ke dua adalah dimensi prasarana dan sarana. Di bidang prasarana dan sarana ini, lokasi pendidikan juga mengalami kemajuan. Kalau pada saat awal, lokasi pendidikan hanya terdapat di Kampus Jalan Kenari, maka pada waktu kemudian lokasi itu bertambah dengan Kampus Kramat Sentiong dan Kampus Salemba. Dari tahun ke tahun ketiga Kampus itu menampung jumlah mahasiswa yang terus bertambah. Sekali pun ruang di Kampus Kenari terus diperluas namun pada akhirnya perluasan Kampus inipun tidak dapat menampung pertambahan mahasiswa yang demikian besarnya.

Demikianlah pada hari Sabtu, tanggal 9 Maret 1985 Gunadarma mengadakan upacara peletakan batu pertama di Kampus Pondok Cina Depok, dan pada hari Senin tanggal 5 Januari 1987 dengan suatu upacara gedung pertama di Kampus Pondok Cina diresmikan penggunaannya. Sejak itu gedung di Kampus Pondok Cina ini bertambah. Mula-mula, batu pertama untuk gedung kedua diletakkan pada hari Sabtu tanggal 26 September 1987, dan gedung kedua inipun mulai dipakai pada hari Jumat tanggal 13 Januari 1989. Setelah itu gedung ketigapun dibangun dan dipakai. Ruang di dalam ketiga gedung ini masih belum mencukupi sehingga masih dilengkapi lagi dengan sejumlah gedung sementara disekitarnya.

Selain Pondok Cina, prasarana kampus dipersiapkan juga di Beji. Namun karena akses ke daerah kampus belum memadai, maka Kampus Beji belum juga diwujudkan. Sebaliknya kampus ditengah kota Jakarta terus bertambah. Setelah mengembalikan Kampus Salemba yang masa sewanya telah usai, maka pada hari Kamis, tanggal 8 Februari 1989 Gunadarma menambah kampus baru di Jalan Raya Salemba No.53. Kampus inipun dikenal sebagai Kampus Salemba. Dan mulai digunakan pada bulan Mei 1990. Ini berarti disamping Kampus Beji yang belum terwujud, Gunadarma telah memiliki beberapa kampus yaitu Kampus Kenari, Kampus Kramat Sentiong, Kampus Pondok Cina dan Kampus Salemba.

Tekanan jumlah mahasiswa menyebabkan Gunadarma mencari lagi kampus baru. Pada bulan Januari 1991, Gunadarma memperoleh tanah di Kelapa Dua yang terletak di Jalan Akses UI di dekat Pondok Cina. Pada hari Kamis, tanggal 28 Maret 1991, batu pertama gedung pertama di Kampus Kelapa Dua diletakkan dan pada hari Selasa tanggal 17 September 1991, gedung pertama Kampus Kelapa Dua ini mulai digunakan. Sejak itu Kampus Kelapa Dua terus berkembang dan pada bulan Septembar 1994, Kampus Kelapa Dua telah memiliki lima gedung kuliah.

Gunadarma bercita-cita untuk membangun gedung delapan lantai di Kampus Kenari. Sementara kampus seperti ini belum terwujud, perkuliahan di kampus Kenari dialihkan ke kampus sementara di Pegangsaan. Demikianlah, perkuliahan di Gunadarma berlangsung di lima kampus yang terpencar dari tengah Jakarta sampai ke Depok. Semua kampus ini dikoordinasikan dari satu pusat yang terletak di kampus Pondok Cina.

Prasarana dan sarana lain adalah Laboratorium. Disamping Perpustakaan dan Laboratorium Komputer yang telah terbentuk sejak jaman PPIK, maka pada hari Kamis, tanggal 16 Dessember 1986 Gunadarma meresmikan Laboratorium Elektronika Dasar. Pada hari Senin, tanggal 23 Maret 1987, Gunadarma meresmikan Laboratorium Fisika. Laboratorium inilah yang telah digunakan oleh Gunadarma untuk menyelenggarakan promosi Open House pada hari Selasa, tanggal 28 Maret 1989.

Sekalipun tidak terwujud alat dan gedung, sarana yang cukup penting di Gunadarma adalah majalah ilmiah Matematika dan Komputer yang mulai terbit sejak bulan Januari 1985 dengan penerbitan lima kali setahun, majalah ini memperoleh Surat Tanda Terdaftar di Departemen Penerangan pada hari Sabtu, tanggal 17 Januari 1987. Tulisan di dalam Majalah Ilmiah ini telah membantu Gunadarma dengan perluasan informasi tentang pendidikan di dalam Gunadarma.

Sarana lain yang cukup berhasil di Gunadarma selama ini adalah penerbitan buku dan diktat. Telah banyak judul buku dan diktat yang dicetak oleh Gunadarma untuk keperluan kuliah para mahasiswa. Selain dalam bentuk konvensional berupa buku, beberapa bahan kuliahpun telah diwujudkan dalam bentuk audio dan visual di dalam pita video yang setiap saat dapat ditampilkan di layar monitor.

Dimensi ketiga adalah kegiatan di luar kurikulum. Selain kegiatan Lomba Kecerdasan, baik Tingkat Nasional maupun Tingkat Internasional tampaknya kegiatan Gunadarma yang paling menonjol adalah di Bidang Catur.

Wadah kegiatan catur adalah Pecinta Catur Gunadarma atau PC Gunadarma yang diresmikan pada hari Sabtu, tanggal 25 Februari 1989. PC Gunadarma telah berhasil menyelenggarakan Lomba Catur taraf Internasional yang melibatkan Grand Master Catur Internasional untuk perebutan gelar dunia di bidang catur.

Setelah meninjau perkembangan pada beberapa dimensi ini, kita kembali kepemikiran dasar Gunadarma. Gunadarma memiliki dua muka yang mendorong maju hajat hidupnya di dalam masyarakat masa kini. Pada satu muka, Gunadarma adalah nama arsitek tenar yang membangun Candi Borobudur, yakni suatu monumen besar sepanjang sejarah kita. Pada muka lainnya, Gunadarma mencerminkan buktinya dan sumbangsihnya kepada masyarakat dalam wujud Guna dan Darma. Sebagai salah satu perintis standar baru di dalam pendidikan, Gunadarma berusaha pula untuk mengisi kemampuan masyarakat di dalam standar baru kehidupan bermasyarakat masa kini melalui penyelenggaraan pendidikan. Dan di dalam hal ini, Gunadarma telah memulainya dari pendidikan di bidang komputer.

Di dalam pelaksanaan pendidikannya itu, unsur guna dan unsur darma senantiasa menjadi pegangan untuk dijadikan sumbangsih Gunadarma kepada masyarakat dan ilmu. Gagasan ini turut merumuskan susunan kurikulum di dalam pendidikan. Unsur profesi dan unsur ilmu di dalam kurikulum senantiasa menjadi perhatian para pengasuhnya. Ketrampilan profesi dan kemampuan ilmu mewarnai pendidikan dari awal sampai akhir.

Dalam rangka inilah laboratorium, pustaka, dan jurnal memperoleh perhatian Gunadarma. Di dalam ribaannya, terdapat Laboratorium Gunadarma (LG) yang mewakili berbagai laboratorium dan bengkel yang di dalam Gunadarma serta Pustaka Gunadarma (PG) yang mewakili perpustakaan, penerbitan buku, dan penerbitan jurnal berupa Matematika dan Komputer yang kelak dapat disusul dengan penerbitan jurnal lainnya.

Dari waktu ke waktu LG terus ditingkatkan agar praktek pada mahasiswa dapat diperlancar. Bahkan, pengasuh Gunadarma bercita-cita lebih dari itu. Mereka berkehendak agar penggunaan laboratorium tidak sekedar terbatas kepada praktek di dalam pelajaran. Mereka menginginkan agar LG terbuka juga bagi penelitian dan bagi percobaan yang bersifat inovatif, baik berupa penciptaan maupun berupa penemuan baru. Siapa saja yang memiliki gagasan baru yang akan dicoba, dapat saja menggunakan LG untuk maksudnya itu.

Niat untuk maju itu senantiasa diusahakan untuk ditunjang oleh pustaka yang sebaik mungkin. Selama beberapa tahun ini, PG selalu memperoleh perhatian yang besar dari pengasuh Gunadarma. Pustaka cetak dan pustaka rekam terus menerus diperluas untuk menunjang kegiatan belajar ke berbagai cabang ilmu yang diasuh oleh Sekolah Tinggi ini. Disamping LG, PG juga menempati kedudukan sentral di lingkungan Gunadarma.

Di dalam dua wadah yang berupa LG dan PG, tiga serangkai laboratorium, pustaka, dan jurnal ilmiah di Gunadarma ini merupakan satu kesatuan utuh untuk mewujudkan sumbangsih Gunadarma di dalam bentuk Guna dan Darma. Sejalan dengan usia Gunadarma yang masih muda, mereka juga masih bergerak dalam taraf awal dari kegiatan mereka. Namun, melalui perhatian yang besar dari para pengasuh Gunadarma, mereka diharapkan dapat berkembang secara wajar untuk mewujudkan cita-cita Gunadarma dari STMIK Gunadarma ke STIE Gunadarma, ke Program Pasca Sarjana Gunadarma, pendidikan ini akan terus berkembang menuju dan sampai ke wujud Universitas Gunadarma.

Di dalam rangka inilah, tiga serangkai itu mencoba untuk menyusun sejumlah kegiatan yang dapat mencerminkan cita-cita Gunadarma. Didalam kegiatan itu terdapat penelitian, kelompok studi, dan penataran. Guna bagi masyarakat dan darma bagi ilmu tercermin pula didalam kegiatan itu. Penelitian dan kelompok studi di kalangan pengasuh Gunadarma berusaha untuk berdarma bagi ilmu, sementara penataran berusaha untuk berguna bagi masyarakat.

Ada satu hal penting yang selalu menghantui pengasuh Gunadarma didalam usaha mereka untuk memberi arah kepada Gunadarma. Hal penting itu adalah mutu. Segala usaha dilakukan, tidak saja demi peningkatan mutu pendidikan, melainkan juga demi peningkatan mutu ilmu di lingkungan Gunadarma. Dan usaha itu pula yang seharusnya tampak di dalam kegiatan Gunadarma selama ini.

Didalam pembangunannya, Gunadarma selalu bersikap selektif. Prioritas pembangunan selalu mengarah kepeningkatan mutu. Setapak demi setapak, Gunadarma berusaha mengutamakan pengadaan ruang belajar, ruang laboratorium, ruang pustaka, dan sarana publikasi.

Mereka itulah unsur pokok dalam pembinaan mutu, baik mutu para dosennya maupun mutu para mahasiswanya. Betapapun juga, mahasiswa yang diajar oleh dosen yang tenar akan selalu memperoleh keuntungan dari ketenaran dosennya itu.

Namun prasarana untuk peningkatan ini masih perlu ditunjang lagi oleh sarana lain. Ruang belajar belum sama dengan belajar, pustaka belum sama dengan membaca, laboratorium belum sama dengan berpraktek, serta majalah belum sama dengan menulis. Sarana pokok yang perlu mendampingi prasarana itu adalah suasana lingkungan belajar yang baik berupa budaya Gunadarma. Hanya suasana lingkungan belajar yang baik atau budaya Gunadarma yang dapat membuat ruang belajar itu tempat belajar, pustaka itu tempat membaca, laboratorium itu tempat berpraktek, serta majalah atau jurnal itu tempat menulis.

Hal inilah yang menyebabkan pengasuh Gunadarma berusaha untuk membina budaya Gunadarma atau suasana yang baik di lingkungan belajar di Gunadarma. Budaya Gunadarma atau suasana yang baik di lingkungan belajar menyangkut manusia. Dan manusia itulah yang menentukan bagaimana bentuk suasana di lingkungan belajar mereka. Itulah sebabnya maka selama ini, Gunadarma selalu berusaha menghimpun tenaga pengasuh yang memiliki kegemaran untuk belajar. Kepada kelompok gemar belajar inilah Gunadarma menyerahkan tanggung jawab untuk menularkan kegemaran itu keseluruh lingkungan Gunadarma untuk dimantapkan menjadi bagian dari budaya Gunadarma.

Demikianlah disamping ruang belajar, pustaka, laboratorium, dan majalah, kelompok gemar belajar merupakan aset Gunadarma yang selalu diutamakan di dalam pembangunan Gunadarma. Kelompok gemar belajar ditargetkan untuk menjadi inti penggerak pendidikan di lingkungan Gunadarma. Dan kegemaran belajar ini pula yang akan ditanamkan di kalangan mahasiswa yang telah memilih Gunadarma sebagai almamater mereka.

Berguna bagi masyarakat dan berdarma bagi ilmu memiliki implikasi yang luas. Pada masa yang akan datang, Gunadarma bercita-cita untuk menelaah bidang ilmu lainnya yang pada saat ini, secara nyata telah menampakan keefektifan dari segi profesinya dan segi ilmunya di dalam masyarakat. Gunadarma akan menjamah bidang ilmu lain di luar Komputer dan Ekonomi untuk menyumbangkan guna dan darmanya kepada masyarakat.

Manakala kekuatannya sudah cukup memadai, maka Gunadarma akan menjamah pula bidang ilmu demikian untuk mengikuti dan mengejawantahkan standar baru di dalam masyarakat dan standar baru di dalam pendidikan. Pada waktunya, Gunadarma bercita-cita untuk meningkatkan dirinya dari wadah Sekolah Tinggi ke wadah yang lebih tinggi lagi, yakni ke tingkat Universitas. Namun peningkatan demikian ini tidak dilakukan tanpa mutu yang memadai. Disamping perhatian kepada keluasan kegiatan di bidang pendidikan, Gunadarma tetap menempatkan mutu atau kualitas pada tempat yang pertama.

Gunadarma adalah suatu keseluruhan yang bernama Gunadarma. Gunadarma bukan hanya sekedar STMIK Gunadarma, demikian juga Gunadarma bukan hanya sekedar STIE Gunadarma. Gunadarma juga bukan sekedar Program Pasca Sarjana Gunadarma. Gunadarma adalah keseluruhan yang bernama Gunadarma, dari STMIK, STIE, ke berbagai wadah perkembangan lainnya sampai ke Universitas Gunadarma. Di dalam Gunadarma terdapat LG dan PG, di dalam Gunadarma terdapat Laboratorium, Pustaka, dan Jurnal Ilmiah, di dalam Gunadarma terdapat Penelitian, Kelompok Studi, dan Penataran, di dalam Gunadarma terdapat budaya Gunadarma dalam wujud lingkungan belajar yang mewadai, di dalam Gunadarma terdapat guna bagi masyarakat dan darma bagi ilmu, dan di dalam Gunadarma terdapat sumbangsih guna dan darma yang diberikan oleh Gunadarma kepada masyarakat.

Ternyata cita-cita ini tidak berhenti sebagai cita-cita saja. Setelah 15 tahun lamanya lembaga pendidikan ini berdiri sambil merayap dari Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK) yang bersahaja ke Akademi Sains dan Komputer Indonesia (ASKI) yang lebih sederhana ke STMIK dan STIE Gunadarma yang lebih mantap, maka pada tahun 1996 lembaga pendidikan itu berhasil sampai ke taraf yang sudah lama dicita-citakan. Melalui Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi No.92/KEP/ DIKTI/1996, tanggal 3 April 1996. Lembaga pendidikan itu berhasil dikukuhkan menjadi Universitas Gunadarma (UG). Dibawah naungannya terdapat sejumlah Fakultas dari Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Ekonomi, dengan Program Studi yang telah dimiliki Status Disamakan sampai ke Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Sastra yang sama sekali baru. Mereka tersebar di tujuh kampus dari Kampus A sampai Kampus G.

Pada tahun 1996, kedudukan Universitas Gunadarma cukup luar biasa. Ibarat bulan Januari dengan dewa Janus yang memiliki dua muka, satu muka menatap tahun yang lama serta muka lain menatap ke tahun yang baru, maka UG pun memiliki dua muka. Pada satu muka, UG merupakan puncak dari suatu perkembangan, dari wujud program yang bersahaja sampai ke wujud universitas yang kompleks. Pada tahun 1981, seperti halnya bulan Januari yang meninggalkan tahun yang lama untuk membuka lembaran tahun yang baru UG pun kini meninggalkan masa lalunya yang berwujud Program, Akademik, dan Sekolah Tinggi untuk memulai lembaran baru yang berwujud Universitas.

Dengan program Diploma Tiga, Strata Satu, dan Strata Dua di dalam asuhannya, Universitas Gunadarma melangkah ke masa depan dengan membentuk lebih banyak tonggak sejarah lagi. Tonggak pertama adalah pengakuan terhadap Universitas Gunadarma oleh pihak luar.

Sejak tanggal 17 November 1997, berdasarkan suatu evaluasi, Badan Akreditasi Nasional (BAN) menyatakan lima Program Studi pada Strata Satu sebagai terakreditasi. Dan pada bulan Agustus 1998, kelima Program Studi pada Strata Satu itu, yakni Akuntansi, Manajemen, Manajemen Informatika, Teknik Komputer, dan Teknik Informatika, memperoleh peringkat A pada akreditasi BAN itu. Dari kegiatan awal di bidang komputer, kini Gunadarma telah mengasuh berbagai bidang ilmu dan berbagai jenjang pendidikan.

Pada saat Gunadarma mencapai usia 19 tahun, tibalah Gunadarma di ujung abad ke-20. Sebelum meninggalkan abad ke-20, Gunadarma masih sempat mengembangkan bidang akademiknya. Mulai tanggal 25 September tahun 2000, untuk pertama kalinya, Gunadarma membuka Program Strata Tiga atau Program Doktor di bidang Ilmu Ekonomi. Demikianlah dengan program Jenjang Pendidikan Diploma (D3), Jenjang Pendidikan Sarjana (S1), Jenjang Pendidikan Magister (S2), Jenjang Pendidikan Doktor (S3), 41 laboratorium, beserta sekitar 13.000 alumni Jenjang D3, 19.000 lebih alumni jenjang S1, dan 400 lebih alumni jenjang S2, Gunadarma meninggalkan abad ke-20 dan milenium ke-2.

Pada tahun 2001, Gunadarma memasuki abad ke-21 dan milenium ke-3 dengan 26.000 lebih mahasiswa yang diasuh oleh 1.100 lebih tenaga pengajar. Di awal abad baru ini, Gunadarma merayakan ulang tahun ke-20 dan meneruskan misi pendidikannya sambil terus berusaha meningkatkan mutunya. Kesempatan pengembangan pertama di dalam abad baru ini terjadi pada tahun 2003. Sejak Januari 2003, bekerja sama dengan Universite de Bourgogne dari kota Dijon, Perancis, Gunadarma membuka lagi program pendidikan jenjang S3 di bidang Teknologi Informasi/Ilmu Komputer. Pengembangan berikutnya terjadi pada tahun 2004 ketika Gunadarma mulai meluluskan doktor di bidang Ilmu Ekonomi.

Perkembangan berikutnya terjadi pada awal tahun 2006. Pada waktu itu Gunadarma mulai meluluskan doktor di bidang Teknologi Informasi/Ilmu Komputer setelah sebelumnya mereka menempuh ujian tertutup di Dijon, Perancis, pada bulan September 2005. Gunadarma yang dimulai dari bentuk sekolah tinggi dan menanjak menjadi universitas, kini sampai ke taraf universitas penuh dengan meluluskan peserta didik dari jenjang diploma, sarjana, magister, dan doktor

www.gunadarma.ac.id